Korea Menjadi Bangsa yang Maju Gara-gara Dijajah Jepang

Korea Menjadi Bangsa yang Maju Gara-gara Dijajah Jepang

Naviri Magazine - Pada 20 Mei 1910, Jepang secara resmi menjadikan Korea sebagai wilayah jajahannya, dan penjajahan itu berlangsung selama 35 tahun. Uniknya, penjajahan yang cukup lama itu memberikan dampak yang ambivalen terhadap Korea.

Sebagai penjajah, Jepang melakukan tindak represi militer yang menimbulkan banyak korban jiwa di pihak Korea, selain memaksa rakyat Korea melakukan kerja paksa dan aneka macam penjajahan lainnya.

Namun, di sisi lain, penjajahan Jepang tersebut juga mendorong munculnya modernisasi di Korea. Selama masa penjajahan itu, Korea mengalami kemajuan pesat, baik dalam hal pertumbuhan kota, industri, perdagangan, sampai media massa dan teknologi komunikasi.

Berbeda dengan umumnya para penjajah Eropa yang cuma menguras kekayaan koloninya, Jepang justru mendorong pembangunan industri di Korea.

Karenanya, ketika Jepang menyerah pada sekutu karena negerinya hancur lebur akibat bom pada tahun 1945, Korea pun menjadi negara paling modern kedua di Asia, setelah Jepang.

Baca juga: Mozaik Sejarah Dunia: Pembentukan Uni Afrika Selatan

Related

History 4861423193096752088

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item