Ini Efek yang Terjadi Kalau Motor Sering Menghantam Lubang

Ini Efek yang Terjadi Kalau Motor Sering Menghantam Lubang

Naviri Magazine - Ketika berkendara di jalan raya, ada kalanya kita menghadapi lubang-lubang di jalan. Ketika terdapat lubang di jalan yang kita lalui, tentu sebisa mungkin kita akan menghindari lubang tersebut. Namun, ada kalanya pula kita kesulitan menghindar dari lubang, hingga laju motor kita pun menghantam lubang tersebut.

Ketika motor menghantam lubang, memang biasanya tidak apa-apa, dalam arti tidak sampai membuat kita celaka. Kecuali kalau kita melaju sangat cepat, dan lubang yang dihantam tergolong dalam, bisa jadi motor akan tergelincir dan kita jatuh.

Yang jelas, meski motor kita tidak sampai jatuh, bagaimana pun ada efek yang timbul akibat menghantam lubang di jalan. Semakin sering motor kita menghantam lubang, semakin besar pula efek yang terjadi. Berikut ini di antaranya.

Ban

Inilah komponen paling luar yang terkena benturan. Di dalam ban terdapat serat-serat terbuat dari logam. Jika kena benturan, serat-serat itu berubah bentuk, atau berpindah dari tempat semestinya. Akibatnya, ban menjadi benjol.

Pelek 

Komponen ini menjadi ”pelapis kedua” setelah ban. Jika benturan terlalu keras, kemungkinan pelek pecah cukup besar (pelek racing). Untuk pelek jari-jari, biasanya bengkok dan harus disetel.

Bearing atau laher roda 

Komponen ini hanya menerima beban putaran ban. Jika kena tekanan akibat benturan, beban akan bertambah, dan menyebabkan aus. Alhasil, putaran ban terasa ”oblak”.

Suspensi 

Sil atau karet penyumbat cairan akan lebih cepat bocor dari usia seharusnya. As suspensi juga bisa bengkok. Kalau as suspensi bengkok, peredaman bisa kurang, atau malah macet.

Komstir 

Sama halnya dengan bearing. Masalahnya, komponen ini bukan berfungsi sebagai getaran kejut, meski letaknya ada pada bagian setang. Jika gerak kejutnya terlampau besar dan sering, komponen ini akan aus dan oblak.

Baut-baut 

Biasanya yang terpasang pada bodi, karena torsi (tekanan baut) tidak terlalu kencang.

Baca juga: Memahami Cara Kerja Rem Parkir Elektronik Pada Mobil Modern

Related

Automotive 826918457865291252

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item