Misteri Mencengangkan di Balik Penemuan Manusia Raksasa

 Misteri Mencengangkan di Balik Penemuan Manusia Raksasa

Naviri Magazine - Pada tahun 1869, seorang petani tembakau bernama George Hull merangkai sebuah cerita, yang kemudian menjadi salah satu hoax terbesar dalam sejarah Amerika, yakni raksasa dari Cardiff.

Dia membayar seorang tukang batu untuk membuat sebuah raksasa setinggi 10 kaki, terbuat dari gypsum, lalu Hull mengubur patung raksasa dari gypsum tersebut di kebun sepupunya di Cardiff, New York.

Setahun kemudian, ia menyewa orang-orang untuk menggali sumur di tempat ia menguburkan patung tersebut, dengan maksud agar nantinya mereka akan menemukan fosil raksasa yang telah membatu.

Tentu saja para pekerja penggali tersebut menemukan sesuatu yang terlihat seperti fosil sesosok raksasa, dan penemuan itu segera menjadi sensasi di media. Hull lalu membangun tenda di sekitar lokasi penggalian, dan menjual tiket seharga 50 sen bagi yang ingin melihat penemuan di lokasi tersebut.

Meskipun banyak ilmuwan menyatakan bahwa penemuan itu bohong, tapi tetap saja banyak orang berbondong-bondong menyaksikan fosil raksasa itu.

PT Barnum, seorang industriawan di bidang hiburan, mengetahui kesuksesan raksasa Cardiff itu, dan kemudian menyewanya untuk sirkus yang ia punyai. Namun permintaan Barnum ditolak oleh Hull.

Belakangan, Barnum membuat raksasanya sendiri, dan menyatakan bahwa raksasanya adalah raksasa dari Cardiff. Hull berang akan ulah Barnum, dan menggugat Barnum ke pengadilan. Namun, dalam persidangan justru terungkap bahwa kedua raksasa tersebut sama-sama palsu, dan akhirnya Hull mengaku bahwa semua itu adalah rekayasanya.


Related

Science 5098651446153161149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item