Mengapa Tubuh Penguin Berwarna Hitam Putih?

Mengapa Tubuh Penguin Berwarna Hitam Putih?

Naviri Magazine - Penguin memiliki tubuh berwarna putih di bagian perut, sementara punggungnya berwarna gelap—biasanya hitam. Warna tubuh yang khas itu berguna bagi penguin untuk berkamuflase, sehingga memungkinkannya terhindar dari ancaman predator.

Ketika berada di permukaan laut, warna putih pada tubuh penguin akan berpadu dengan pantulan air laut, sehingga penguin sulit dilihat dari dalam air. Karenanya, penguin pun terlindung dari pemangsa yang ada di dalam air. Sedang warna hitam pada punggungnya membantu menyamarkan hewan tersebut dari pemangsa yang ada di atas air.

Bagaimana penguin menjaga kehangatan tubuh mereka?

Dalam iklim Antartika yang keras, penguin menjaga kehangatan tubuh mereka dengan bantuan lapisan berlemak yang tebal di bawah kulit, dan dua lapisan bulu pada tubuhnya.

Lapisan lemak itu juga berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan cadangan energi. Lapisan pelindung luar penguin terdiri atas bulu-bulu kecil yang berminyak untuk menjaga agar bulu-bulu halus di bawahnya tetap kering.

Penguin juga memiliki paruh dan kaki kecil yang sebagian tertutup bulu, sehingga hanya sebagian kecil dari tubuh mereka yang terbuka di udara yang dingin.

Baca juga: Penguin Tidak Punya Insang, tapi Bisa Menyelam Sampai Lama

Related

Animals 7370756855203650796

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item