Urutan Lengkap Peristiwa Menjelang Terjadinya Kiamat

Urutan Lengkap Peristiwa Menjelang Terjadinya Kiamat

Naviri Magazine - Orang-orang Islam mengimani rukun iman, yang salah satunya adalah percaya pada hari akhir atau hari kiamat. Tidak ada yang tahu kapan kiamat akan terjadi. Yang jelas, hari besar itu akan datang untuk menghancurkan bumi dan seisinya, termasuk memusnahkan manusia dari kehidupannya.

Meski tidak dijelaskan kapan kiamat akan terjadi, namun berbagai hadist memberitahu apa saja tanda-tanda akan datangnya kiamat. Tanda-tanda itu perlu diwaspadai, agar kita tidak lengah, dan senantiasa hidup dalam iman. Berikut ini adalah urutan lengkap peristiwa menjelang terjadinya kiamat.

1. Perang besar akhir zaman

Peperangan Armageddon adalah peristiwa pertama yang menjadi permulaan dari serentetan huru-hara di akhir zaman. Pertempuran ini adalah adalah perang penghancuran dan perang nuklir yang akan menjadikan hancurnya persenjataan modern.

Sehingga nantinya orang-orang akan berperang menggunakan persenjataan tradisional seperti pedang, tombak, panah dan lain-lain, sebagaimana zaman Nabi dan para sahabatnya. Dan tidak akan ada lagi kendaraan lapis baja/tank, tapi mereka akan menggunakan kuda, unta, keledai, dan lain-lain.

2. Kemunculan Imam Mahdi

Siapakah Imam Mahdi atau Al Mahdi? “Al Mahdi berasal dari umatku, berkening lebar, berhidung panjang dan mancung. la akan memenuhi bumi dengan keadilan dan kemakmuran, sebagaimana bumi sebelum itu dpenuhi oleh kezhaliman dan kesemena-menaan, dan ia berumur tujuh tahun masa pemerintahannya). (HR. Abu Dawud, Al Hakim)

“Al Mahdi berasal dari umatku, yang akan diishlah oleh Allah dalam satu malam.” (HR. Ahmad, Ibn Majah, Ash Shahlhah No. 2371)

3. Perang melawan Semenanjung Arabia, Persia, dan Rum

Peperangan-peparangan yang terjadi di zaman Imam Mahdi. Nabi Saw bersabda, “Kamu akan memerangi semenanjung Arabia, lalu Allah akan menaklukkannya untukmu. Setelah itu Persia, dimana Allah akan menaklukkannya untukmu. Kemudian Rum, dimana Allah akan menaklukkannya untukmu. Kemudian kamu akan memerangi Dajjal, dimana Allah akan menaklukkannya untukmu. (HR. Muslim, Ahmad dan Ibn Majah)

4. Perang Al-Malhamah Kubro 

5. Penaklukan Konstantin 

“Setelah pembangunan Bait Al Maqdis, berarti hancumya Yatsrib. Dan setelah hancurnya Yatsrib, berarti terjadinya pertempuran. Dan setelah terjadi pertempuran berarti penaklukan Konstantin. Dan setelah penaklukan Konstantin, berarti keluarnya Dajjal.” (HR. Ahmad, Abu Dawud).

6. Munculnya Dajjal

“Sesungguhnya aku benar-benar memperingatkan kamu sekalian terhadap Dajjal. Tidak ada seorang nabi pun kecuali telah benar-benar memperingatkan kaumnya masing-masing (mengenai Dajjal). Tetapi aku katakan kepadamu suatu perkataan mengenai dia, yang tak pernah diucapkan seorang nabi pun kepada kaumnnya. ‘Ketahuilah, bahwa Dajjal itu buta mata kanannya. Matanya seperti buah anggur yang mengapung (di atas air).” (Alhadist)

7. Turunnya Nabi Isa dan matinya Dajjal 

8. Kehancuran Orang Yahudi untuk kedua kalinya

“Tidak akan terjadi hari kiamat, sehingga kaum muslimin memerangi orang-orang Yahudi. Maka mereka pun ditumpas oleh kaum muslim sehingga apabila orang-orang Yahudi bersembunyi di balik batu dan pepohonan, maka batu dan pohon akan berkata, ‘Wahai kaum muslimin, wahai hamba Allah, ini orang Yahudi ada di belakangku, datanglah kesini dan bunuhlah ia. Kecuali pohon Gharqod, dimana ia adalah pohon kaum Yahudi. (HR. Muslim)

9. Penaklukan Roma

Rasulullah Shalallahu Waihi wa Sallam pernah ditanya, “Kota manakah yang lebih dahulu akan ditaklukkan, Konstantin atau Roma?” Maka beliau SAW menjawab, “Kota Heraklius akan ditaklukkan pertama kali.” (HR. Ahmad, Ad Daaraml, Al-Hakim)

10. Perang dengan Bangsa Turk 

“Tidak akan terjadi hari kiamat sehingga kamu memerangi kaum Khauz dan Kirman (Cina, Rusia, Jepang) dari orang-orang ‘Ajam yang bermuka merah, berhidung pesek, bermata kecil, seakan-akan wajah mereka adalah meja yang bundar.” (HR. Bukhari, Ahmad)

11. Munculnya Ya’juj dan Ma’juj 

Berkaitan dengan hal ini, Allah SWT berfirman, “Hingga apabila dibukakan (tembok) Ya’juj dan Ma’juj, dan mereka turun dengan cepat dari seluruh tempat yang tinggi. Dan telah dekatlah kedatangan janji yang benar (hari kebangkitan), maka tiba-tiba terbelaklah mata orang-orang kafir.” (QS. Al-Anbiya’ : 96-97)

12. Umat Islam mengalami kejayaan 

13. Wafatnya Nabi Isa dan Imam Mahdi 

”Nabi Isa dan Imam Mahdi hidup satu masa. Setelah tujuh tahun tinggal di dunia, Allah mewafatkan keduanya. Mereka akan dishalati orang-orang muslim.
(Ahmad, 2:406. Fathul Bari, 6: 493)

14. Terbitnya matahari dari barat

Satu peristiwa yang telah diisyaratkan Rasulullah SAW sejak dahulu, yakni akan tiba masa di mana matahari akan terbit dari arah barat. Dan tanda-tanda inilah yang akan menjelaskan kepada manusia bahwa kiamat sudah dekat.

Namun, sebelum terbitnya matahari dari barat, ia akan didahului oleh waktu malam yang sangat panjang, hingga disebutkan bahwa seorang muslim telah mengerjakan shalat malam hingga letih dan telah tidur hingga pulas, namun subuh belum juga menjelang.

Jika ini telah dirasakan, pertanda bahwa esok pagi matahari akan terbit dari barat. Peristiwa ini hanya terjadi satu hari, keesokannya matahari akan terbit sebagaimana biasanya. (Fathul Bari, Kitabur Riqaq juz II)

15. Munculnya binatang yang dapat berbicara 

"Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari bumi yang akan mengatakan kepada mereka, bahwa sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami."

16. Keluarnya asap

"Maka tunggulah hari ketika langit membawa kabut yang nyata yang meliputi manusia. Inilah azab yang pedih."

17. Datangnya angin lembut yang bertiup

“Sesungguhnya Allah akan mengutus angin yang lebih lembut dari sutra dari arah Yaman atau arah Selatan, maka tidak seorang pun yang akan dia sisakan dari orang-orang yang masih ada iman di hatinya walaupun seberat biji, kecuali akan dia cabut rohnya.” (HR. Muslim, Hakim, Ash Shahihah No. 1759)

18. Penghancuran Ka’bah

Pada suatu saat nanti, Ka’bah akan dirobohkan oleh seorang manusia terkutuk bernama Dzussuwaiqatain (orang yang memiliki dua betis yang kecil).

Riwayat dari Ka’ab Al-Ahbar dan dalam tafsir surah Al-Anbiya: 96, firman Allah Ta’ala, “Sehingga, apabila telah dibukakan (pintu) Ya’juj dan Ma’juj… Bahwa munculnya Dzussuwaiqatain bermula pada masa turunnya nabi Isa AS, yaitu setelah dibinasakannya Ya’juj dan Ma’juj.”

19. Kehancuran Madinah

20. Pembenaman bumi

Dalam riwayat Imam Ahmad, dari Hudzaifah bin Asad, dia berkata, “Nabi SAW tiba-tiba muncul di hadapan kami ketika kami sedang membincangkan kiamat, beliau bersabda, ‘Apa yang kalian perbincangkan?’ Kami menjawab, ‘Kami memperbincangkan kiamat.’ Beliau bersabda, ‘Sesungguhnya kiamat tak akan terjadi sebelum kamu melihat sepuluh tanda:
  • Asap yang keluar dari perut bumi yang memenuhi hampir seluruh isi bumi.
  • Munculnya Dajjal, sang pendusta yang mengajak manusia pada kekafiran.
  • Keluarnya binatang melata yang dapat berbicara.
  • Terbitnya matahari dari barat.
  • Turunnya Nabi Isa bin Maryam, dari langit yang terdekat dengan bumi, di atas menara timur di kota Damaskus saat shalat subuh. Nabi Isa akan ... membunuh Dajjal, menghapuskan pajak, dan mengajak seluruh umat manusia memeluk Islam.
  • Dilepasnya Yakjuj dan Makjuj, digambarkan bahwa kedatangannya untuk merusak, mengacau-balaukan, dan membuat kehancuran dimana-mana.
  • Tiga kali tanah tenggelam: tanah tenggelam di timur.
  • Tanah tenggelam di barat.
  • Tanah tenggelam di jazirah Arab.
  • Dan Akhir dari semua itu adalah api yang muncul dari arah timur, menggiring manusia menuju tempat penghimpunan mereka.

21. Munculnya api yang menggiring manusia

“Dan yang terakhir darinya adalah keluamya api dari negeri Yaman, yang akan menggiring manusia ke Mahsyar mereka.” (HR. Muslim)

22. Datangnya kiamat

Peniupan sangkakala, dan hancurnya alam semesta.

Baca juga: Pertempuran Nabi Isa dan Dajjal Menjelang Hari Kiamat

Related

Moslem World 2508979613180539948

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item