Ini 3 Hal yang Bisa Menyebabkan Badan Lemas Terus-Menerus

Ini 3 Hal yang Bisa Menyebabkan Badan Lemas Terus-Menerus

Naviri Magazine - Setelah tidur dalam jumlah cukup, mestinya kita bisa bangun dengan tubuh segar, sehingga bisa bekerja dan beraktivitas dengan baik. Namun, ada kalanya orang sudah mendapat istirahat yang cukup, dan badan masih saja terasa lemas tak bertenaga.

Badan yan lemas setelah kelelahan itu bahkan bisa jadi sampai siang hari, bahkan sampai seharian. Akibatnya, kita menjalani aktivitas dengan tanpa gairah. Bagaimana hal semacam itu bisa terjadi? Setidaknya, ada tiga hal yang bisa menyebabkan badan lemas terus menerus.

Masalah kesehatan

Lelah tak hanya akibat kurang tidur, tapi juga akibat masalah kesehatan. Beberapa masalah kesehatan yang bisa menyebabkan kelelahan adalah penyakit celiac atau alergi makanan, khususnya terhadap makanan dengan kandungan protein yang disebut gluten.

Selain itu, serangan anemia juga jadi biang keroknya. Penyakit ini jadi banyak penyebab kasus kelelahan berkepanjangan. Sindrom lelah kronis bisa memicu rasa lelah ekstrem dan masalah tidur. Mereka yang terkena sindrom ini harus benar-benar berjuang melalui aktivitas sehari-hari.

Penyakit-penyakit lain seperti diabetes, bengkak pada kelenjar gondok, demam kelenjar, serta sleep apnea atau gangguan tidur yang mengganggu pernapasan, juga jadi penanda penyakit ini.

Masalah psikologis

Masalah psikologis juga dapat memunculkan rasa lelah. Rasa cemas berlebih mengakibatkan tubuh sulit untuk beristirahat atau tidur dengan nyenyak. Salah satu gejala depresi adalah rasa lelah ekstrem. Tak hanya membuat orang sulit tidur, ini juga bisa membuat tubuh terasa tak punya energi.

Penting untuk mengolah stres, memberi jeda pada rutinitas, dan rileks sejenak. Relaksasi tak hanya dengan meditasi, tapi bisa juga dengan melakukan hobi.

Gaya hidup

Gaya hidup yang kurang sehat, mau tidak mau menyumbang rasa lelah pada tubuh. Konsumsi alkohol secara terus-menerus bisa mengganggu tidur dan memicu bangun tengah malam.

Rutinitas yang 'berantakan', seperti bekerja sampai larut, banyak keluar malam, bisa membuat tubuh lelah. Oleh karena itu, biasakan untuk memiliki rutinitas yang sehat, seperti menghindari alkohol dan menambah konsumsi air.

Baca juga: Diam-diam, Negara Mengalami Kerugian Akibat Obesitas 

Related

Health 3253701938551855570

Recent

item