Burung Paling Pintar di Dunia, Bisa Berhitung Sampai Komunikasi

Burung Paling Pintar di Dunia, Bisa Berhitung Sampai Komunikasi

Naviri Magazine - Alex adalah burung beo berwarna abu-abu, yang menjadi subjek eksperimen pengamat psikologi hewan, Irene Pepperberg. Awalnya, Pepperberg membeli Alex di suatu toko hewan, ketika alex berumur 1 tahun. Nama Alex yang diberikan Pepperberg merupakan akronim dari Avian Learning EXperiment.

Sebelum Pepperberg bekerja dengan Alex, dunia meyakini bahwa burung bukan makhluk cerdas. Tetapi Alex berhasil menunjukkan pada dunia bahwa burung dapat memahami komunikasi dengan manusia, dan memahami pesan dasarnya. Berbeda dengan burung beo lain yang hanya bisa meniru-niru kata atau ucapan, Alex bisa diajak berkomunikasi, meski terbatas.

Pepperberg menyatakan bahwa tingkat kepintaran Alex setingkat dengan lumba-lumba atau kera. Dia juga menyatakan bahwa Alex memiliki kepintaran yang setara dengan manusia berumur 5 tahun.

Dia bisa menghitung, membedakan warna, dan menunjukkan ekspresi-ekspresi frustrasi layaknya manusia. Sayangnya, potensi Alex tidak sampai maksimal, karena dia mati dalam usia yang masih muda.

Kematian Alex mengejutkan banyak pihak, karena lama hidup rata-rata burung beo Afrika adalah 50 tahun. Selain itu, sebelum kematiannya, Alex juga tampak sehat. Berdasarkan pernyataan Pepperberg kepada pers, “Alex dalam kondisi kesehatan yang baik tanpa kelainan fisik apa pun selama dua minggu terakhir sebelum kematiannya.”

Kematian burung itu menjadi misterius, karena setelah dilakukan otopsi tetap tak diketahui penyebab kematian burung tersebut. Sementara itu, laboratorium Pepperberg kembali mencoba menguji dua burung lain, namun kemampuan mereka tak pernah ada yang mendekati Alex.

Baca juga: Kisah Persahabatan Dua Hewan yang Menghebohkan Dunia

Related

World's Fact 1551700742856188699

Recent

item