Charles-Diana, dan Pernikahan Termewah Sepanjang Masa

Charles-Diana, dan Pernikahan Termewah Sepanjang Masa

Naviri Magazine - Esensi pernikahan sebenarnya mengesahkan hubungan sepasang pria dan wanita untuk menjadi suami istri. Resepsi pernikahan diadakan, dan orang-orang diundang, tujuannya untuk menjadi saksi bahwa sepasang pria dan wanita telah sah sebagai suami istri. Esensinya sederhana, namun pelaksanaannya bisa sangat mewah. Setidaknya, itulah yang terjadi akhir-akhir ini.

Banyak orang yang ingin tidak sekadar menyelenggarakan pesta pernikahan, namun juga ingin menggelar pesta pernikahan yang mewah atau bahkan super mewah.

Menginginkan pernikahan ala film atau ala pernikahan pesohor yang disiarkan di televisi, sudah terjadi sejak tahun 1980-an. Salah satu pelopornya adalah pernikahan Diana dan Charles, yang masuk dalam daftar salah satu pernikahan mewah sepanjang masa. Acara pernikahan mereka disiarkan di televisi, dan disaksikan sekitar 700 juta orang.

Cinderella Dreams: The Allure of the Lavish Wedding (2003) menyebut bahwa berbagai tayangan tentang pernikahan membuat orang menginginkan hal serupa. Salah satu alasannya, untuk menunjukkan prestise. Hal itu diwujudkan lewat lokasi, busana, makanan dan minuman, dan hiburan yang disajikan dalam sebuah pesta pernikahan.

Di Eropa dan Amerika, orang-orang terobsesi menikah dengan gaun putih, seperti yang dikenakan Ratu Victoria pada 1840-an. Pada masa itu, busana putih untuk pernikahan hanya dipakai untuk kaum elite dan bangsawan. Usai Perang Dunia dan kondisi dunia perlahan membaik, banyak orang ingin pesta pernikahan yang layak dan gempita.

Fenomena tersebut membuat toko baju pengantin terus bermunculan. Berdirinya toko tersebut disusul munculnya jasa fotografer pernikahan. Fotografer mulai menerima permintaan untuk memotret rangkaian acara pernikahan, bukan hanya foto pasangan pengantin di dalam studio. Hal itu disusul lagi dengan munculnya jasa konsultan pernikahan di Amerika Serikat. Format ini terus berkembang sampai sekarang.

Konsultan pernikahan berkembang jadi konseptor pernikahan. Di Jakarta, ada Flying Bride, jasa konseptor pernikahan yang membantu calon pengantin menentukan tema sekaligus seluruh vendor pernikahan. Bila dulu kemewahan hanya diukur dari baju putih, kini kemewahan ada di tangan konseptor pernikahan.


Related

World's Fact 5084805749826859057

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item