Kota-kota di Indonesia yang Paling Aman untuk Berkendara

Kota-kota di Indonesia yang Paling Aman untuk Berkendara

Naviri Magazine - Kecelakaan lalu lintas bisa terjadi di mana saja, di kota besar maupun di kota kecil, di kota berpenduduk padat maupun di kota berpenduduk jarang. Kenyataannya, di Indonesia, nyaris di semua kota atau kabupaten pernah terjadi kecelakaan lalu lintas. Lalu di kota atau kabupaten mana yang tingkat kecelakaannya paling rendah, alias paling aman?

Sebanyak 3 kota dan 2 kabupaten terpilih sebagai wilayah yang aman untuk pengendara, berdasarkan versi Indonesia Road Safety Award (IRSA).

Sebuah penghargaan tahunan dari PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance) ini dibuat untuk mendorong kabupaten atau kota untuk mendorong keselamatan jalan, dan menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Tahun ini, 5 kota/kabupaten yang keluar sebagai pemenang terpilih dari 27 finalis dari 120 kabupaten/kota, yang mendaftar untuk mendapatkan penghargaan IRSA.

"Jumlah Kabupaten/Kota yang ikut meningkat sebanyak 145% sejak acara IRSA dibuat. Ini merupakan acara kami yang kelima," ujar Chief Executive Adira Insurance, Julianto Noor.

Penilaian

Sistem pemilihan kabupaten/kota terbaik mengacu pada atribut lima pilar Rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNKJ).

Kelima pilar itu adalah; manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, kendaraan yang berkeselamatan, perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, serta penanganan pra dan pasca kecelakaan.

Di samping itu, ada pula penilaian dari hasil observasi ke kota/kabupaten yang mendaftar. Tim penilai mengambil data termasuk dari survei responden, dan kelengkapan rambu-rambu jalan.

Pemenang

Dari 27 peserta, akhirnya dipilih 5 kabupaten/kota terbaik. Ada lima kategori pemenang berdasarkan jumlah penduduk di masing-masing daerah.

Berikut adalah nama kabupaten/kota versi IRSA:

- Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi: Kota Tangerang
- Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah: Kota Semarang
- Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi: Kabupaten Pekalongan
- Kategori Kabupaten dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Rendah: Kabupaten Bangka
- Kategori Kabupaten/Kota "Excellent City 2017": Kota Surabaya

Baca juga: Ini Alasan All New Honda Vario Tidak Punya Kick Starter

Related

Automotive 6605385186175281437

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item