Ini Alasan All New Honda Vario Tidak Punya Kick Starter

Ini Alasan All New Honda Vario Tidak Punya Kick Starter

Naviri Magazine - Honda Vario adalah salah satu sepeda motor matik produksi Honda yang banyak digunakan di Indonesia. Kini, All new Honda Vario 150 dan 125 resmi diluncurkan PT Astra Honda Motor (AHM). Modelnya terlihat lebih kekar dan berisi dibanding Vario sebelumnya yang ramping.

Ubahan lain yang terlihat adalah hilangnya kick starter atau engkol, yang biasa menempel pada blok CVT motor skutik kebanyakan. Honda mengatakan, hilangnya kick starter dikarenakan tren global yang sudah berubah, dan kebiasaan tidak menggunakan engkol saat menyalakan mesin motor.

"Kalau kita lihat dari trennya big bike, itu kan motor-motor premium, baik matik atau sport, sudah tidak lagi menggunakan kick starter. Jadi memang secara tren sudah berubah, tidak hanya di global tapi juga di Indonesia. Beberapa pengguna memang sudah tidak terlalu menggunakan kick starter," ungkap Direktur Pemasaran PT AHM, Thomas Widjaja.

Sejalan dengan Thomas, Presiden Direktur PT AHM, Toshiyuki Inuma, juga mengatakan hilangnya kick starter sudah dilakukan oleh Honda Vietnam.

"Kemudian kami juga melihat dan yakin tidak akan memberikan masalah dengan penghilangan kick starter ini, dan juga untuk Indonesia kami memahami dengan berbagai macam keperluan dan kebutuhan tidak akan berpengaruh dengan hilangnya kick starter," ucap Inuma.

Lagi pula, all new Honda Vario memiliki panel instrumen digital yang menyediakan akses informasi `kesehatan` aki motor. Sehingga pemiliknya bisa memantau apakah kondisi aki mereka dalam kondisi sehat atau tidak.

Tanpa kick starter, aman?

Namun, apakah aman sebuah motor tanpa dilengkapi kick starter? Contohnya saat motor ditinggalkan cukup lama, sehingga susah untuk dihidupkan? Menjawab pertanyaan tersebut, Technical Training PT AHM, Endro Sutarno, menjelaskan, mesin PGM-FI generasi terbaru yang disematkan pada Vario terbaru tidak akan mendatangkan masalah seperti susah dinyalakan.

"Dihilangkannya kick starter tidak akan mengilangkan fungsinya. Berdasarkan survei, banyak sekali yang enggak pakai engkol, akhirnya dengan itu kami menambahkan voltase meter pada instrumen digitalnya. Karena ini lahirnya dari kick starter, sehingga buat tahu baterainya soak atau gimana, dengan fitur ini konsumen jadi langsung tahu (kondisi) akinya. Kalau mesin yang baru ini enggak akan susah dinyalakan, walau ditinggal waktu yang lama," tambah Endro.

Bagaimana, tertarik dengan all new Honda Vario 150?

Baca juga: Cara Aman Pengereman di Tikungan untuk Pengguna Motor Kopling

Related

Automotive 5929089512404248738

Recent

item