Mencengangkan, Ternyata Ada Salju di Kawah Planet Mars!

Mencengangkan, Ternyata Ada Salju di Kawah Planet Mars!

Naviri Magazine - Ternyata, salju tidak hanya dikenal di Bumi, tapi juga di planet lain. Setidaknya, para peneliti sejauh ini telah mengetahui bahwa di Planet Mars ternyata juga terdapat salju, dan itu cukup mencengangkan.

Merahnya permukaan planet Mars memutih oleh tumpukan salju. Pemandangan unik itu diperlihatkan oleh robot penjelajah Mars Express milik Badan Antariksa Eropa (European Space Agency/ESA) dalam foto hasil pengamatan terbarunya.

Tumpukan salju tersebut ditemukan satelit Mars Express di salah satu kawah Planet Merah, Korolev. Kawah berdiameter 81,4 kilometer yang terletak di bagian utara Mars itu nyaris selalu dipenuhi es putih sepanjang tahun.

Mars sebenarnya juga punya musim seperti Bumi, namun ada satu kondisi tertentu di mana daerah kawah Korolev ini selalu dingin. Hal itu dikarenakan ia punya fitur geologi 'cold snap' yang bisa menjaga temperatur sangat dingin, dan membuat es tetap ada di sana.

Kawah ini memiliki kedalaman sekitar dua kilometer. Ada sebuah kubah es setebal 1,8 kilometer dan berdiameter 60 kilometer yang mengelilinginya. Ada dugaan kawah itu menyimpan sekitar 2.200 kilometer kubik es, tapi bisa saja sebagiannya adalah debu merah Mars.

Jadi, ketika udara di permukaan Mars yang tipis dan tidak bisa dipakai bernapas oleh manusia lewat di atas es, ia menjadi dingin dan mengendap. Hal ini membuat udara menjadi lapisan dingin yang melindungi es di kawah dari udara yang lebih hangat, dan mencegah es di kawah itu meleleh.

Gambar salju di Mars diambil satelit Mars Express melalui instrumen DSLR High Resolution Stereo Camera (HRSC). Pada 25 Desember mendatang, robot penjelajah itu genap berusia 15 tahun selama di Mars.

Baca juga: Bisakah Kita Hidup dan Menetap di Planet Mars?

Related

Science 4104987272330966173

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item