Di Masa Depan, Jurassic Park Akan Benar-benar Ada di Dunia

Di Masa Depan, Jurassic Park Akan Benar-benar Ada di Dunia

Naviri Magazine - Jurassic Park adalah film yang menggambarkan para ilmuwan berhasil menghidupkan kembali hewan-hewan yang telah punah jutaan tahun lalu. Dengan teknologi kloning, hewan-hewan raksasa dinosaurus bisa kembali hidup di muka bumi. Mungkinkah hal semacam itu bisa terwujud di dunia nyata?

Jawabannya mugkin saja. Pasalnya, ilmuwan di dunia nyata saat ini juga telah mampu memahami upaya semacam itu, namun masih terkendala teknologi. Karenanya, di masa depan, jika teknologi sudah memungkinkan, para ilmuwan akan benar-benar bisa menghidupkan kembali hewan-hewan punah sebagaimana di Jurassic Park.

Salah satu contoh terkait hal ini adalah upaya ilmuwan dalam menghidupkan kembali kambing liar yang disebut Pyrenean Ibex.

Karena tingginya angka perburuan, hewan langka bernama Pyrenean Ibex atau Bucardo kini telah punah. Hewan itu merupakan kambing liar yang hidup di pegunungan Pyrenees, di perbatasan Spanyol dan Perancis. Namun, sesaat ketika seekor Bucardo betina terakhir meninggal, para ilmuwan berhasil mengambil sel kambing tersebut.

Beberapa tahun setelah binatang tersebut dinyatakan punah, sekelompok ilmuwan yang terdiri dari Perancis dan Spanyol, memulai proyek ilmiah kontroversial yang serupa dengan film Jurassic Park, di mana para ilmuwan ingin menghidupkan lagi Bucardo.

Percobaan ini berhasil, sayangnya Bucardo tersebut tidak hidup lama. Ia meninggal hanya 10 menit pasca induk pengganti melahirkannya.

Menghidupkan kembali spesies yang telah punah atau de-extinction, sejauh ini belum pernah berhasil. Bahkan de-extinction yang dilakukan pada Bucardo disebut-sebut oleh para ilmuwan sebagai percobaan yang masih "kasar," dengan teknologi seadanya.

Para ilmuwan tetap berharap bisa melakukan de-extinction, jika teknologi sudah makin canggih.

Baca juga: Ancaman Menakutkan di Balik Munculnya Danau Biru di Antartika

Related

Science 2944089400759734158

Recent

item