Setelah 10 Tahun, Kasus Kematian Putri Diana Dibuka Kembali

Setelah 10 Tahun, Kasus Kematian Putri Diana Dibuka Kembali

Naviri Magazine - Penyelidikan lanjutan kematian Putri Diana digelar di Pengadilan Tinggi London. Langkah ini ditempuh untuk menguak misteri kecelakaan mobil yang merenggut nyawa Putri Diana dan Doddy Al-Fayed di terowongan Pont d`alma Paris, Prancis, Agustus 1997.

Sidang kesaksian awal itu dipimpin pensiunan hakim senior sekaligus anggota Parlemen Inggris, Elizabeth Butler-Sloss. Dia memerintahkan sidang dibuka untuk umum, dan penyidikan atas kematian Diana dan Doddy dilakukan secara bersamaan.

Pengacara Kerajaan Inggris dan keluarga Al-Fayed sepakat jika harus menunjuk juri, maka anggota juri berasal dari umum. Tapi mengingat Diana termasuk anggota keluarga kerajaan, maka para juri harus dari anggota rumah tangga kerajaan.

Kendati demikian, Butler-Sloss mengatakan saat ini penunjukan semacam itu tak sesuai. Tapi dia belum memutuskan apakah akan menunjuk juri atau menangani kasus ini sendiri. Yang pasti, penyelidikan secara menyeluruh baru akan dilakukan kemudian.

Penyelidikan kematian Diana dan Doddy sempat tertunda akibat penyelidikan yang juga dilakukan para penyidik Prancis selama dua tahun, penyelidikan polisi Metropolitan selama tiga tahun, serta tindakan hukum keluarga Al-Fayed. Hukum Inggris memang membolehkan pengajuan penyelidikan atas kematian seseorang yang dianggap tak wajar atau tak jelas penyebabnya.

Penyelidikan yang diketuai Lord Steven akhir tahun silam menyimpulkan, Putri Diana tak menjadi korban konspirasi pembunuhan. Penyelidikan yang menelan biaya 8 juta pound itu menyimpulkan Henry Paul—sopir pribadi Al-Fayed—saat itu dalam keadaan mabuk serta mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi, untuk menghindari kejaran paparazzi.

Namun kesimpulan itu ditolak Muhammad Al-Fayed, ayah Doddy Al-Fayed. Dia menuding Pangeran Phillip, suami Ratu Elizabeth, menjadi otak di balik konspirasi pembunuhan Putri Diana dan Doddy.

Baca juga: Skandal Holocaust, Antara Fakta Sejarah dan Kebohongan

Related

World's Fact 6376885608585084765

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item