Misteri Aneh dan Membingungkan di Balik Candi Borobudur

Misteri Aneh dan Membingungkan di Balik Candi Borobudur

Naviri Magazine - Borobudur adalah candi Buddha terbesar di dunia, dengan tinggi 34,5 meter dan luas bangunan 123 x 123 meter. Didirikan di atas sebuah bukit yang terletak kira-kira 40 km di barat daya Yogyakarta, 7 km di selatan Magelang, Jawa Tengah.

Candi Borobudur dibangun oleh Dinasti Syailendra, antara tahun 750 dan 842 Masehi. Candi Buddha ini kemungkinan besar ditinggalkan sekitar satu abad setalah dibangun, karena pusat kerajaan pada waktu itu berpindah ke Jawa Timur.

Sir Thomas Stanford Raffles menemukan Borobudur pada tahun 1814 dalam kondisi rusak, dan memerintahkan supaya situs tersebut dibersihkan dan dipelajari secara menyeluruh.

Proyek restorasi Borobudur secara besar-besaran kemudian dimulai dari tahun 1905 sampai tahun 1910, dipimpin oleh Dr. Tb. van Erp. Dengan bantuan dari UNESCO, restorasi kedua untuk menyelamatkan Borobudur dilaksanakan dari bulan Agustus 1913 sampai tahun 1983.

Namun, sampai sekarang Candi Borobudur masih menyimpan sejumlah misteri. Sejumlah misteri itu misalnya, siapa yang merancang Candi Borobudur, berapa jumlah orang yang dipekerjakan untuk membangun candi tersebut, dari mana saja batu untuk membangun candi? Filosofi apa yang digunakan untuk membuat candi tersebut?

Dalam hal susunan batu, bagaimana cara mengangkut batu dari daerah asal sampai ke tempat tujuan? Apakah batu-batu itu sudah dalam ukuran yang dikehendaki, atau masih berupa bentuk asli batu gunung? Berapa lama proses pemotongan batu-batu itu, sampai pada ukuran yang dikehendaki? Bagaimana cara menaikkan batu-batu dari dasar halaman candi sampai ke puncak, alat derek apa yang digunakan?

Mengingat pada masa itu belum ada gambar biru (blue print), lalu dengan sarana apa mereka saat hendak merundingkan langkah-langkah pengerjaan yang harus dilakukan, dalam hal gambar relief? Apakah batu-batu itu sesudah bergambar lalu dipasang, atau batu dalam keadaan polos baru dipahat untuk digambar? Mulai dari bagian mana gambar itu dipahat, dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas?

Dan masih banyak lagi misteri yang belum terungkap secara ilmu pengetahuan, terutama tentang ditemukannya ruang pada stupa induk candi.

Tetapi, yang pasti, candi ini merupakan aset penting bagi Indonesia di mata dunia internasional. Kita harus bangga dan selalu menjaga kelestariannya.


Related

Mistery 7528607301113101466

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item