Nasib Mengerikan yang Dihadapi Manusia Saat Dajjal Muncul

Nasib Mengerikan yang Dihadapi Manusia Saat Dajjal Muncul

Naviri Magazine - Asal usul Dajjal menurut Al Qur’an terdapat pada ayat berikut, “Pada hari datangnya ayat dari Tuhanmu, tidaklah bermanfaat lagi iman seseorang kepada dirinya sendiri.” (QS. Al An’am: 158).

Ayat tersebut berhubungan dengan hadits Nabi: “Tiga tanda, jika semuanya telah terjadi, maka tidak akan berguna lagi keimanan seseorang sebelumnya, yaitu; keluarnya Dajjal, binatang melata, dan terbitnya matahari dari barat atau dari tempat terbenamnya.” (HR. Tirmidzi).

Al Qur’an mengisyaratkan bahwa Isa bin Maryam akan turun di akhir zaman, seperti firman Allah Ta’ala, “Tidak ada seorang pun dari Ahli Kitab, kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya.” (QS. An Nisa’: 159).

“Dan sesungguhnya Isa itu benar-benar memberikan pengetahuan tentang hari kiamat.” (QS. Az Zukhruf: 61).

Secara spesifik, Al Qur’an tidak menceritakan ciri-ciri dan asal usul Dajjal. Ayat di atas merupakan kabar bahwa Dajjal akan muncul di muka bumi, dan akan bertarung melawan Nabi Isa As. Tentang ciri fisik, perangai dan kisah Dajjal, lebih lengkap diterangkan dalam Hadits Nabi SAW.

Hadits tentang Dajjal

Berikut kumpulan hadits Rasulullah yang membahas tentang dajjal:

“Tidak ada seorang Nabi pun kecuali telah memperingatkan umatnya tentang Dajjal yang buta sebelah lagi pendusta. Ketahuilah bahwa Dajjal buta sebelah matanya, sedangkan Allah tidak buta sebelah. Tertulis di antara kedua matanya; Kafir (yang mampu dibaca oleh setiap muslim).” (HR. Bukhari).

“Sesungguhnya Al-Masih Ad-Dajjal seorang laki-laki pendek, berkaki bengkok, keriting rambutnya, buta sebelah matanya, dan matanya kabur tidak menonjol dan tidak juga cekung. Jika ia memperdayai kalian, maka ketahuilah bahwa Tuhan kalian tidak buta sebelah.” (HR. Ahmad).

Rasulullah SAW telah bersabda, "Dajjal itu buta mata kirinya, berambut lebat, ia membawa surga dan neraka, nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka." (HR. Muslim).

“Dajjal keluar dari bumi sebelah timur yang disebut Khurasan. Dajjal akan diikuti oleh kaum yang wajah mereka seperti tameng yang dilapisi kulit.” (HR. Tirmidzi).

Baca juga: Kiamat Tidak Akan Terjadi, Selama Masih Ada Orang-orang Ini

Related

Moslem World 7029748097021948927

Recent

item