Misteri dan Peristiwa Aneh Hilangnya Pesawat di Segitiga Bermuda

Misteri dan Peristiwa Aneh Hilangnya Pesawat di Segitiga Bermuda

Naviri Magazine - Segitiga Bermuda adalah salah satu tempat misterius di muka bumi, tepatnya di lautan. Tak terhitung banyaknya kapal dan pesawat yang hilang atau lenyap tiba-tiba, saat melintas kawasan tersebut.

Salah satu pesawat yang lenyap ketika melintasi Segitiga Bermuda adalah pesawat transpor C-119 Flying Boxcar, pada 7 Juni 1965. Pesawat tambun bermesin ganda milik AU AS bermuatan kargo ini, lepas landas dari bandara Homestead pada pukul 7.47. Pesawat dengan 10 awak ini terbang menuju lapangan terbang Grand Turk, Bahama, dan diharapkan mendarat pukul 11.23.

Pesawat ini sebenarnya hampir menuntaskan perjalanannya. Hal itu diketahui dari kontak radio yang masih terdengar hingga pukul 11. Sesungguhnya memang tak ada yang mencurigakan. Kerusakan teknis juga tak pernah dilaporkan. Tetapi Boxcar tak pernah sampai tujuan.

“Dalam kontak radio terakhir tak ada indikasi bahwa pesawat tengah mengalami masalah. Namun, setelah itu kami kehilangan jejaknya,” begitu ungkap juru bicara Penyelamat Pantai Miami. “Besar kemungkinan pesawat mengalami masalah kendali arah (steering trouble) hingga nyasar ke lain arah.”

“Benar-benar aneh. Sebuah pesawat terbang ke arah selatan Bahama, dan hilang begitu saja tanpa jejak,” demikian komentar seorang veteran penerbang Perang Dunia II.

Banyak teori kemudian dihubung-hubungkan dengan segala kejadian di sana. Ada yang menyebut teori pelengkungan waktu, medan gravitasi terbalik, abrasi atmosfer, dan ada juga teori anomali magnetik-gravitasi.

Selain itu, ada juga yang mengaitkannya dengan fenomena gampa laut, serangan gelombang tidal, hingga lubang hitam (black-hole) yang hanya terjadi di angkasa luar sana. Aneh-aneh memang analisanya, namun tetap saja tak ada satu pun yang bisa menjelaskan.

Baca juga: Akhirnya, Ilmuwan Berhasil Membongkar Misteri Kematian Hitler

Related

World's Fact 5648406820938400175

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item