Proyek-proyek Konspirasi yang Dirahasiakan dari Mata Dunia

Proyek-proyek Konspirasi yang Dirahasiakan dari Mata Dunia

Naviri Magazine - Apakah kita percaya bahwa konspirasi benar-benar ada? Sebagian orang mungkin percaya, sementara sebagian lain mungkin tidak. Namun, berdasarkan fakta-fakta yang muncul dari waktu ke waktu, kenyataannya konspirasi benar-benar ada. Berikut ini adalah contoh beberapa konspirasi yang dilakukan Amerika, yang belakangan terungkap.

Project Sunshine

Project ini salah satu konspirasi paling seram yang dilakukan oleh Komie Energi Atom AS dan Angkatan Udara AS. Project ini dirancang untuk menyelidiki efek radiasi nuklir pada manusia. Bagian-bagian tubuh anak yang mati seringkali digunakan sebagai objek percobaan tanpa izin orang tuanya.

Project MKULTRA

MKULTRA adalah project yang dilakukan pemerintah AS terhadap efek obat halusinogen pada warga Amerika, untuk mengendalikan pikiran penduduknya. Project ini ternyata menghasilkan banyak trauma dan kerusakan otak pada objek penelitian, yang tidak lain adalah warga Amerika sendiri.

Peracunan alkohol

Konspirasi ini tak punya nama khusus. Pemerintah Amerika katanya pernah mencemari industri alkohol dengan metanol, untuk menghentikan kebiasaan mabuk para penduduk. Dilaporkan, pernah ada 10.000 kematian akibat peracunan ini, dan kemungkinan besar korban lebih banyak.

Mata-mata 

Pada Juni 2013, Edward Snowden merilis ribuan dokumen rahasia ke wartawan tentang jaringan intelijen AS, bersama dokumen negara-negara lain yang digunakan untuk memata-matai kehidupan penduduk sipil di seluruh dunia.

Contohnya pada tahun 2016, pemerintah Amerika meminta data pengguna Facebook sebanyak 50.000, data pengguna Google sebanyak 28.000, dan 9.000 data pengguna Apple.

Kecelakaan Teluk Tonkin

Pada 2 Agustus 1964, di tengah perang Vietnam, kapal Amerika bernama USS Maddox menembaki dan merusak beberapa kapal torpedo milik Vietnam utara di Teluk Tonkin. The Maddox mendapat serangan balasan pada 4 Agustus.

Tahun 2005, sebuah publikasi mengungkap tidak ada serangan balasan terhadap Maddox. Karena pengungkapan ini, banyak yang menuduh pemerintah AS sengaja memalsukan insiden supaya dapat banyak dukungan. Teknik yang sama juga digunakan pada pemerintahan Bush, terkait kepemilikan senjata pemusnah massal di Iran. Belakangan diketahui, Irak tidak menimbun senjata ap apun.

Pimpinan wanita pertama

Pada Oktober 1919, Presiden Woodrow Wilson mengalami stroke yang membuatnya tak mampu mengendalikan pemerintahan. Istrinya, yang bernama Edith Wilson, mengambil alih peran suaminya, sampai akhirnya Warren Harding mengambil alih pemerintah tahun 1921.

Konspirasi ini membuat wakil presiden tak bisa menggantikan peran Wilson sebagai presiden, karena Wilson tak pernah secara resmi mengundurkan diri.

Dalai Lama

Dalai Lama adalah pimpinan spiritual orang-orang tibet. Dalai lama dikenal sebagai orang yang memiliki kedamaian jiwa, mampu memberi pencerahan dan kebajikan.

Tapi dokumen CIA yang diterbitkan tahun 1998 menyebut kalau seorang Dalai Lama bernam Tenzin Gyatzo didanai jutaan dolar oleh CIA, sebagai upaya intelijen untuk melemahkan keberadaan Cina komunis. CIA mendanai 2.100 gerilyawan Tibet sebesar 500.000 ribu dolar setiap tahun, dan mensubsidi Dalai Lama sebesar 180.000 dolar setiap tahun.

Operasi Mockingbird

Operasi mockingnbird adalah program yang dilakukan CIA untuk merekrut berbagai organisasi untuk mengubah opini-opini yang beredar di publik.

Pada April 1976, senat AS melakukan penyelidikan atas pengaruh CIA ini, dan menyatakan kalau CIA mampu menyebarluaskan propaganda rahasia lewat berbagai organisasi, dan mendapat akses langsung ke beberapa surat kabar, majalah, layanan pers, kantor berita, stasiun radio, televisi, penerbit buku, dan outlet media lain.

Baca juga: Misteri Piramida Mesir yang Membingungkan Dunia

Related

Mistery 6212031977789473895

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item