Sejarah dan Asal Usul Samurai Jepang yang Legendaris di Dunia

Sejarah dan Asal Usul Samurai Jepang yang Legendaris di Dunia

Naviri Magazine - Samurai adalah istilah yang biasa digunakan bagi perwira zaman sebelum industri Jepang. Sebenarnya, istilah yang lebih tepat adalah bushi (secara harfiah artinya "orang bersenjata") yang digunakan semasa zaman Edo.

Bagaimana pun, istilah samurai digunakan di zaman sekarang untuk merujuk panglima bangsawan atau tentara yang berjalan kaki. Samurai tanpa ikatan dengan klan atau daimyo apa pun dikenal sebagai ronin (arti harfiahnya "orang ombak").

Ronin juga samurai yang telah mengorbankan wibawa mereka, atau yang telah gagal melaksanakan seppuku (menghukum diri sendiri dengan mengeluarkan salah satu organ tubuh) agar dapat mengembalikan nama baik klannya. Samurai yang bertugas untuk para han disebut hanshi.

Samurai dianggap mesti sopan dan terpelajar, dan semasa era Tokugawa berangsur-angsur kehilangan fungsi ketentaraan mereka. Pada akhir era Tokugawa, samurai secara umum adalah kaki tangan daimyo, dengan pedang mereka hanya untuk tujuan istiadat.

Dengan reformasi Meiji pada akhir abad ke-19, samurai dihapuskan sebagai kelas berbeda, dan digantikan dengan tentara nasional menyerupai negara Barat. Bagaimana pun juga, sifat samurai yang ketat, yang dikenal sebagai bushido, masih tetap ada dalam masyarakat Jepang masa kini, sebagaimana aspek cara hidup mereka yang lain.

Etimologi

Perkataan samurai berasal pada sebelum Era Heian di Jepang, di mana bila seseorang disebut saburai, itu berarti dia orang suruhan atau pengikut. Hanya pada awal zaman modern, khususnya pada era Azuchi-Momoyama, dan awal periode/era Edo pada akhir abad ke-16 dan awal abad ke-17, perkataan saburai diganti dengan perkataan samurai. Bagaimana pun, pada masa itu, artinya telah lama berubah.

Pada era pemerintahan samurai, istilah awal yumitori (“pemanah”) juga digunakan sebagai gelar kehormatan bagi sejumlah kecil panglima perang, walaupun pemain pedang telah menjadi lebih penting. Pemanah Jepang (kyujutsu), masih berkaitan erat dengan dewa perang Hachiman.

Baca juga: Misteri Kemunculan Orang Sakti di Teluk Kiluan Lampung

Related

Insight 7163398999941203295

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item