Mozaik Sejarah Dunia: Spanyol dan Prancis Menjajah Maroko

Mozaik Sejarah Dunia: Spanyol dan Prancis Menjajah Maroko

Naviri Magazine - Menyusul terjadinya pergolakan dan persaingan antar kekuatan imperialis pada awal abad ke-20, Maroko dinyatakan berada di bawah kekuasaan Prancis dan Spanyol melalui sebuah perjanjian, dan sejak itu pula negeri ini resmi dijajah Prancis dan Spanyol, setelah sebelumnya dijajah Rusia, Italia, dan Ottoman. Peristiwa itu terjadi pada 10 November 1912.

Penjajahan tersebut menjadikan rakyat Maroko bangkit mengadakan perlawanan bersenjata. Setelah melalui perjuangan berat yang cukup panjang, akhirnya rakyat Maroko berhasil mendapatkan kemerdekaan pada tahun 1956.

Prancis dan Inggris menguasai Asia Barat

Pada 24 Juli 1921, seperti yang telah direncanakan dalam Perjanjian Sykes-Pycot, Palestina, Irak, dan kawasan timur Yordania secara resmi diserahkan kepada kekuasaan Inggris, sedangkan kawasan Lebanon dan Suriah diserahkan kepada Prancis. Wilayah-wilayah itu sebelumnya dikuasai oleh imperium Ottoman.

Penguasaan Inggris dan Prancis atas wilayah-wilayah tersebut menandai dimulainya masa kolonialisme Barat atas kawasan Asia barat. Selain itu, moment tersebut juga menjadi awal Inggris dalam mempersiapkan pendirian negara Israel.


Related

History 314036110271120606

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item