Amerika Serikat Dinyatakan Sebagai “Musuh Internet” Dunia

Amerika Serikat Dinyatakan Sebagai “Musuh Internet” Dunia

Naviri Magazine - Setiap tahun, Reporters without Borders mempublikasikan daftar “Musuh Internet”. Daftar tersebut dibuat untuk mengungkap negara-negara yang membungkam kebebasan informasi dengan propaganda, pengintaian, dan penyensoran. Untuk pertama kalinya, daftar tersebut kini memasukkan Amerika Serikat sebagai salah satu “Musuh Internet”.

Kenyataan tersebut tak mengherankan. Pasalnya, Amerika Serikat ketahuan melakukan banyak sekali pengintaian dan penyadapan terhadap para pengguna internet. Tindakan Amerika Serikat tersebut terungkap berkat pembongkaran dokumen Badan Keamanan Nasional oleh salah satu mantan kontraktornya, Edward Snowden.

Kendati demikian, negara Paman Sam tidak sendiri. Kuba, Iran, Korea Utara dan Cina, juga masuk daftar “Musuh Internet” tersebut. Sementara itu, tak hanya AS saja negara adikuasa yang masuk ke daftar itu. Negara sekelas Inggris dan India juga dituding melakukan pengintaian internet dalam skala besar, sementara Rusia dituding melakukan pengintaian dan penyensoran.

Reporters without Borders menyebutkan bahwa badan pemerintah seperti NSA yang sebenarnya merupakan “musuh” tersebut. Namun, negara juga patut disangkutpautkan karena cenderung mentolerir apa yang dilakukan NSA maupun badan sejenis.

Sementara itu, pemerintah Amerika Serikat kabarnya baru saja melepaskan kendalinya atas internet. Kamar Dagang Amerika Serikat dinyatakan tidak lagi punya kewenangan mengawasi Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN), organisasi yang mengatur alamat IP, nama domain, dan fungsi administratif lainnya.


Related

Internet 7127666466258057570

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item