Aristoteles, Filsuf Terkenal Yunani dan Perintis Ilmu Biologi

Aristoteles, Filsuf Terkenal Yunani dan Perintis Ilmu Biologi

Naviri Magazine - Ilmu biologi dirintis oleh Aristoteles, seorang ilmuwan Yunani. Dalam terminologi Aristoteles, “filosofi alam” adalah cabang filosofi yang meneliti fenomena alam, dan mencakup bidang yang kini disebut fisika, biologi, dan ilmu pengetahuan alam lainnya.

Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam di pulau Lesbos, dan hasil penelitiannya berisi beberapa observasi serta interpretasi, yang di dalamnya juga terdapat mitos dan kesalahan.

Bagian yang penting dalam penelitiannya adalah tentang kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup yang ia sebut Selache (selachians).

Kemudian, di masa modern, istilah biologi diperkenalkan secara terpisah oleh Michael Christoph Hanov (dalam Philosophiae Naturalis Sive Physicae Dogmaticae: Geologia, Biologia, Phytologia Generais et Dendrologia, 1766), Gottfried Reinhold Treviranus (dalam Biologie oder Philosophie der lebenden Natur, 1802), Jean-Baptiste Lamarck (dalam Hydrogéologie, 1802), juga oleh Karl Friedrich Burdach pada tahun 1800.

Baca juga: Mengenal Biologi, Ilmu Pengetahuan yang Mempelajari Kehidupan

Related

Science 2636830758424137104

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item