Mengenal Biologi, Ilmu Pengetahuan yang Mempelajari Kehidupan

Mengenal Biologi, Ilmu Pengetahuan yang Mempelajari Kehidupan

Naviri Magazine - Biologi adalah ilmu yang mempelajari aspek fisik kehidupan. Istilah “biologi” diambil dari bahasa Belanda, yaitu “biologie”. Biologi juga kadang disebut “ilmu hayat”, yang meminjam istilah dari bahasa Arab, yang berarti “ilmu kehidupan”.

Objek kajian biologi di masa sekarang sangat luas, dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya. Berbagai cabang biologi mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani (ilmu tentang tumbuhan), zoologi (ilmu tentang hewan), dan mikrobiologi (ilmu tentang jasad renik).

Perbedaan-perbedaan dan pengelompokan berdasarkan ciri-ciri fisik kelompok organisme dipelajari dalam sistematika, yang di dalamnya mencakup pula taksonomi dan paleobiologi.

Selain itu, biologi juga mempelajari berbagai aspek kehidupan. Misalnya, ciri-ciri fisik bagian tubuh dipelajari dalam anatomi dan morfologi, sementara fungsinya dipelajari dalam fisiologi. Perilaku hewan dipelajari dalam etologi, sementara evolusi mempelajari perkembangan ciri fisik makhluk hidup dalam kurun waktu panjang.

Kemudian, ada pula biologi perkembangan, yang mempelajari pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus kehidupan. Interaksi antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar dipelajari dalam ekologi, sementara mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam genetika.

Di masa kini, biologi bahkan semakin berkembang dengan mengakji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup di masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain Bumi, yaitu astrobiologi.

Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19, dan kini menjadi salah satu subjek pelajaran sekolah dan universitas di seluruh dunia, yang menghasilkan jutaan makalah setiap tahun.

Baca juga: Wow, Ilmuwan Menemukan Ayat-ayat Suci Dalam DNA Manusia

Related

Science 8882211442376565821

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item