Ini 5 Cara Mudah dan Ampuh Menghemat Kuota Internet

Ini 5 Cara Mudah dan Ampuh Menghemat Kuota Internet

Naviri Magazine - Hampir bisa dipastikan, ponsel yang kita miliki terhubung dengan internet. Bahkan penggunaan ponsel sekarang lebih banyak untuk keperluan internet daripada untuk keperluan berkomunikasi seperti bertelepon atau berkirim SMS. Karena itu pula, orang-orang saat ini lebih sering membeli paket data atau kuota internet daripada membeli pulsa untuk telepon.

Terkait kuota internet, banyak orang yang mengeluh kalau paket datanya cepat habis. Baru kemarin beli kuota, sekarang sudah habis separuh. Padahal kebutuhan berinternet selalu muncul setiap saat. Khususnya bagi yang aktif di media sosial.

Bagaimana mengatasi masalah semacam itu? Berikut adalah lima cara yang mudah sekaligus ampuh untuk menghemat kuota internet di smartphone, agar kita tidak terus menerus merogoh kantong demi beli kuota.

Pintar memilih browser 

Ternyata, browser juga mempengaruhi penggunaan kuota internet. Ia bisa menghabiskan paket data internet kalau kita tidak bijak dalam menggunakannya. Salah satu browser yang sangat boros adalah mesin pencarian bawaan dari handphone.

Aplikasi itu sangat boros karena tidak menyediakan penghemat data. Jadi, halaman situs yang kita buka lewat peramban tersebut akan menyedot habis-habisan kuota internet yang kita miliki.

Untuk itu, kita harus mencari cara yang hemat. Sekarang sudah banyak peramban yang menyediakan mode untuk meminalisir pemakaian paket data internet. Tapi yang menjadi favorit para pengguna biasanya adalah Google Chrome.

Di mesin pencarian tersebut, kita bisa mengaktifkan penghematan data dengan mudah. Caranya adalah klik bagian titik tiga pada kanan bawah browser, lalu pilih Setelan. Kemudian klik menu Penghemat Kuota Internet, dan selanjutnya aktifkan. Kalau sudah, peramban akan meminimalisir situs yang dibuka.

Batasi penggunaan paket data internet

Kalau kita terus menerus menggunakan internet tanpa memperhatikan kuota, tentu semakin lama kian berkurang. Dari situlah kita cenderung memakai internet berlebihan sampai muncul peringatan dari operator. Intinya, kita tidak akan pernah sadar kalau tidak ada semacam alarm pengingat.

Ternyata, di android ada alarm untuk mengingatkan kalau kita sudah menghabiskan banyak kuota. Setiap smartphone memiliki nama yang berbeda untuk menu ini.

Pada smartphone Samsung, misalnya, bisa menuju ke Setelan, lalu pilih menu Penggunaan Data. Nanti tinggal pilih rentang waktunya. Jadi, kalau sudah melebihi batas akan muncul notifikasi peringatan. Sehingga memudahkan pengguna untuk membatasi diri dalam memakai paket data internet.

Periksa aplikasi yang menguras kuota

Sering sekali kita men-download lalu meng-install aplikasi secara sembarangan. Biasanya, kita memasang aplikasi karena butuh atau ingin coba-coba. Padahal beberapa di antaranya ada yang membawa dampak buruk untuk ponsel. Misalnya bisa menguras kuota internet tanpa kita sadari.

Untuk mengetahui aplikasi apa saja yang menguras paket data internet, pilih Setelan, lalu klik Penggunaan Data atau Data Usage. Scroll ke bawah, dan di sana terlihat aplikasi mana saja yang menghabiskan kuota paling banyak.

Cara mengatasi yang paling gampang adalah copot saja aplikasinya. Khususnya kalau memang tidak dibutuhkan. Atau bisa juga ganti aplikasi dengan yang lebih ringan.

Pakai aplikasi khusus untuk hemat kuota

Pasti banyak yang bingung kalau harus uninstall aplikasi yang boros kuota, namun di sisi lain masih dibutuhkan. Apalagi kalau tidak ada versi ringan untuk aplikasi yang dimaksud. Jadi, mau tak mau harus meng-install aplikasi tersebut walaupun berat hati. Kegalauan tentang hal itu terjawab oleh salah satu aplikasi yang bisa membuat paket data internet lebih hemat.

Aplikasi penyelamat itu bernama Datally. Aplikasi tersebut bisa mengurangi pemakaian data internet. Di sana sudah disediakan pilihan untuk aplikasi mana yang akan dihemat kuotanya.

Tapi kalau menggunakan Datally, ada beberapa catatan yang wajib diingat. Jika ingin mengaktifkan tethering, wajib dimatikan terlebih dahulu Datally-nya. Itu dilakukan agar perangkat lain bisa terhubung ke hotspot android. Kemudian, Datally tidak bisa dimatikan dengan cara yang biasa. Kalau ingin menonaktifkan, wajib dimatikan paksa lewat pengaturan.

Maksimalkan mode airplane

Pernah mengaktifkan mode airplane? Mungkin ada beberapa yang pernah atau tidak sama sekali. Orang-orang menganggap fitur ini hanya digunakan ketika berada di pesawat. Padahal mode ini punya beberapa manfaat yang sebenarnya berguna bagi kelangsungan hidup smartphone kita.

Salah satunya adalah untuk menghemat paket data internet yang kita miliki. Caranya, aktifkan saja mode airplane pada saat kita sedang tidak benar-benar butuh ponsel. Misalnya waktu jalan-jalan atau berada di tempat yang tidak ada sinyal. Dengan begitu, secara otomatis akan menghemat kuota internet.

Tips tambahan: 

Itulah beberapa trik yang ampuh untuk menghemat kuota internet. Pakailah salah satu atau semuanya agar paket data internet tidak boros. Ingat, jangan terlalu asyik berselancar di dunia maya, karena kuota akan cepat habis dan kesehatan kantong akan terganggu.

Baca juga: Tips agar Streaming Netflix Lebih Lancar Walau Pakai WiFi Lemot

Related

Internet 7300859264502455623

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item