Mengenal Ekologi, Ilmu yang Mempelajari Makhluk Hidup

Mengenal Ekologi, Ilmu yang Mempelajari Makhluk Hidup

Naviri Magazine - Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya. Istilah “ekologi” berasal dari bahasa Yunani, yaitu “oikos” yang berarti “habitat”, dan “logos”, yang berarti “ilmu”. Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari interaksi antar makhluk hidup, maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya.

Istilah ekologi pertama kali dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1834-1914). Dalam ekologi, makhluk hidup dipelajari sebagai kesatuan atau sistem dengan lingkungannya.

Pembahasan ekologi tidak bisa dilepaskan dari pembahasan ekosistem dengan berbagai komponen penyusunnya, yaitu faktor abiotik dan biotik. Faktor abiotik antara lain suhu, air, kelembapan, cahaya, dan topografi. Sedang faktor biotik adalah makhluk hidup yang terdiri dari manusia, hewan, tumbuhan, dan mikroba.

Ekologi juga berhubungan erat dengan tingkatan-tingkatan organisasi makhluk hidup, yaitu populasi, komunitas, dan ekosistem, yang saling mempengaruhi dan merupakan suatu sistem yang menunjukkan kesatuan.

Ekologi baru muncul pada tahun 1970-an, namun memiliki pengaruh yang besar terhadap cabang biologi.

Ekologi mempelajari bagaimana makhluk hidup mempertahankan kehidupannya dengan mengadakan hubungan antar makhluk hidup dan dengan benda tak hidup di dalam tempat hidupnya atau lingkungannya. Ekologi, biologi, dan ilmu kehidupan lainnya, saling melengkapi dengan zoologi dan botani.

Baca juga: Membran Sel, Lapisan Tak Terlihat yang Melindungi Makhluk Hidup 

Related

Science 3506884026874541294

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item