Mengenal Sistem Federal yang Digunakan di Amerika Serikat

Mengenal Sistem Federal yang Digunakan di Amerika Serikat

Naviri Magazine - Amerika Serikat merupakan negara dengan sistem demokrasi konstitusional. Sistem demokrasi konstitusional memiliki sistem three tier dan institusi kehakiman yang bebas dari tekanan.

Amerika Serikat juga menggunkan sistem federalisme. Sistem federalisme membagi kekuasaan antara negara pusat dengan negara bagian. Dalam sistem federalisme, negara pusat memiliki kewenangan untuk mencetak uang dan kewenangan mengenai kebijakan pertanahan. Sementara itu, negara bagian memiliki kewenangan untuk menentukan hak dan undang-undang.

Di Amerika Serikat, rakyat yang telah berumur 18 tahun berhak untuk memilih. Perlu diketahui bahwa pemilu presiden di Amerika Serikat diadakan setiap 4 tahun sekali. Selain pemilu presiden, di Amerika Serikat juga ada pemilu paruh waktu.

Pemilu paruh waktu berlangsung pada masa pertengahan masa jabatan presiden. Dalam pemilu paruh waktu, yang dipilih adalah anggota dewan perwakilan dan senator dari setiap negara bagian.

Bicara soal ekonomi, negara yang memiliki motto In God We Trust ini memiliki sistem ekonomi kapitalis. Bisa dikatakan bahwa ekonomi Amerika Serikat merupakan salah satu ekonomi yang terpenting di dunia, sehingga banyak negara di dunia yang menjadikan dolar Amerika Serikat sebagai patokan nilai tukar mata uangnya. Artinya, nilai mata uang dari suatu negara ditentukan oleh dolar Amerika Serikat.

Amerika Serikat memiliki sumber daya mineral yang kaya. Mineral yang terkandung di Amerika Serikat antara lain emas, minyak, batu bara, dan uranium. Selain sumber daya mineral, Amerika Serikat pun terkenal dengan bidang pertaniannya.

Bidang pertanian yang menjadi andalan Amerika Serikat antara lain jagung, gandum, gula, dan tembakau. Sementara itu, dalam bidang teknologi, negeri Paman Sam ini dikenal sebagai negara produsen mobil, pesawat terbang, dan alat elektronik.

Baca juga: Mengenal Merek Dagang (Trademark) Beserta Contohnya

Related

Science 2712089195564754810

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item