Para Pengguna Windows XP di Seluruh Dunia Menghadapi Kiamat

Para Pengguna Windows XP di Seluruh Dunia Menghadapi Kiamat

Naviri Magazine - Microsoft menghentikan dukungannya terhadap sistem operasi Windows XP. Lalu, bakal seperti apa komputasi dengan Windows XP setelah tak ada lagi dukungan dari Microsoft?

Menurut situs teknologi Neowin, setelah berhentinya dukungan Microsoft terhadap XP, artinya jika celah keamanan baru muncul di dalam sistem operasi tersebut, Microsoft tidak akan merilis lubang tambalannya.

Artinya, jika Anda memiliki sistem yang menjalankan OS Windows XP, kemungkinan serangan dari banyak malware akan terjadi. Bahkan, saat ini mungkin para peretas sudah menyiapkan malware tersebut untuk dirilis.

Ramalan Neowin yang mengatakan bahwa akan semakin banyak serangan terhadap XP juga memiliki dasar. Ibaratnya, jika peretas sudah tahu bahwa Microsoft akan menghentikan dukungannya terhadap XP, malware yang mereka ciptakan tak akan disebar saat itu juga.

Mereka pasti menunggu waktu yang tepat, yaitu saat Microsoft telah menghentikan segala bentuk dukungan terhadap OS Windows XP.

Dengan demikian, hal itu akan menjadi awal dari "kiamat Windows XP", alias masa di mana malware-malware baru Windows XP akan banyak bermunculan. Jumlahnya diprediksi akan meningkat drastis.

Pengguna XP bisa saja mengandalkan aplikasi atau layanan pihak ketiga untuk menangkis serangan malware tersebut. Namun, hal itu juga tidak menjamin keamanan sepenuhnya. Beberapa layanan tersebut juga memiliki tenggat waktu.

Selain itu, Microsoft juga telah menawarkan kepada perusahaan-perusahaan besar untuk menggunakan apa yang mereka sebut Extended Support untuk platform XP, tetapi harga yang ditawarkan Microsoft mahal.

Perusahaan perbankan bisa saja menghabiskan 100 juta dollar AS untuk menjaga dan melindungi mesin ATM mereka yang masih menggunakan Windows XP.

Banyak alasan dari pengguna mengapa mereka tetap memilih XP. Di antaranya, untuk apa upgrade ke Windows 7 atau 8, jika XP saja sudah cukup. Ditambah lagi saat ini masih banyak solusi anti-malware dari pihak ketiga yang beredar.

Apa pun alasannya, Windows 7 dan 8 dibangun dengan arsitektur yang lebih modern dan bisa memanfaatkan hardware secara optimal. Di samping itu, proteksi keamanannya dijamin langsung oleh Microsoft.

Baca juga: Televisi Mulai Ditinggalkan, Orang Lebih Suka Nonton Online

Related

Technology 7534363856997875302

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item