Pentingnya Terapi untuk Anak yang Menjadi Korban Paedofilia

Pentingnya Terapi untuk Anak yang Menjadi Korban Paedofilia

Naviri Magazine - Anak-anak korban paedofilia perlu diberi terapi yang memadai dalam pemulihan pasca-trauma. Pasalnya, mereka berpotensi menjadi pelaku kelainan seksual paedofilia (memiliki orientasi seksual pada anak).

Menurut dokter spesialis kejiwaan, Naek L Tobing, secara tidak sadar, anak-anak korban paedofilia, khususnya yang melakukan sodomi, melakukan hubungan seks kali pertama dengan cara disodomi. Oleh karena itu, mereka pun memiliki potensi untuk melakukan tindakan yang sama saat dewasa.

"Apalagi jika mereka menerima perlakuan itu berulang kali, potensinya bisa jadi lebih tinggi," kata konselor seks dari University of Minnesota, Amerika Serikat ini.

Terapi setelah menerima kekerasan seksual, jelas Tobing, perlu dilakukan oleh seksolog dan tenaga medis lain yang berhubungan. Namun, yang tidak kalah penting adalah dukungan dari keluarga dan lingkungan di sekitarnya.

Tobing menjelaskan, paedofilia merupakan kelainan seksual yang dicirikan memiliki hasrat seksual terhadap anak-anak. Penyalurannya bisa melalui pemerkosaan pada anak perempuan, dan sodomi pada anak laki-laki. Paedofilia juga bisa berarti kombinasi dari keduanya.

Seorang paedofil umumnya tidak dapat disembuhkan. Namun, Tobing menekankan, paedofilia juga memiliki tingkatan, yang semakin rendah semakin mungkin disembuhkan.

Ia membagi tingkatan itu ke dalam persen. Jika tingkat paedofilia seseorang masih di bawah 50 persen, maka dengan terapi yang memadai, mereka akan mampu menikmati hubungan seksual dengan orang dewasa. Namun, jika sudah lebih dari 50 persen, kemungkinan untuk mengubah orientasi seksual menjadi semakin kecil.

"Ditambah lagi, orang dengan paedofilia itu jarang sekali yang mau datang ke dokter untuk menyembuhkan diri. Inilah yang membuat mereka semakin sulit lagi untuk dijangkau dan disembuhkan," paparnya.

Menurut Tobing, orang dengan paedofilia mendapat kenikmatan yang luar biasa ketika bisa mendapatkan anak-anak yang disodomi. Ini karena mendapatkan anak untuk memuaskan hasratnya lebih sulit daripada mendapat pasangan orang dewasa. Karena itu, orang dengan paedofilia cenderung tidak mau melakukan pengobatan.


Related

Sexology 2856274204759061005
item