1 Terrabyte Harddisk Bisa Melindungi 50.000 Batang Pohon

1 Terrabyte Harddisk Bisa Melindungi 50.000 Batang Pohon

Naviri Magazine - Hidup tanpa kertas alias paperless? Bisa saja, jika memang kita memanfaatkan kemajuan teknologi informasi. Kini jumlah kertas terbuang untuk surat menyurat dan dokumen sudah semakin berkurang, sebab komunikasi dan penyimpanan data lebih banyak mengandalkan komputer.

Akan lebih baik lagi jika gaya hidup kita juga membiasakan diri dengan pola paperless. Tahukah Anda, 1 terrabyte harddisk eksternal dapat menyimpan data yang jika dicetak setara dengan 500 juta lembar kertas.

Maka, akan sangat membantu kelestarian lingkungan, apabila sebuah kantor membiasakan pola kerja paperless, dengan mengurangi sebanyak mungkin kebiasaan mencetak dokumen di kertas.

Rata-rata sebuah kantor menghabiskan 10.000 lembar kertas setiap tahun untuk urusan pekerjaan. Jika kebutuhan dokumentasi kantor dilakukan secara elektronik, maka cukup dengan sebuah flashdisk 4GB dapat menyimpan 10.000 pekerjaan karyawan.

Masih banyak kantor yang menggunakan buku manual kerja bagi karyawan, yang rata-rata setebal 150 halaman. Padahal, data tersebut hanya memakan 300 MB jika disimpan di flashdisk.

Selain boros kertas dan tinta, kebiasaan mencetak dokumen juga memakan ruang. Sebuah kabinet penyimpan dokumen tiga tingkat, bisa menyimpan 120.590 lembar dokumen. Padahal kalau disimpan dalam bentuk elektronik hanya membutuhkan sebuah flashdisk 4GB, dan hanya memakan 59% kapasitasnya.

Dan tahukah Anda, bahwa 1 terrabyte harddisk eksternal dapat mengurangi kepunahan 50.000 batang pohon atau 500 juta lembar kertas?

Ayo kita mulai pola hidup paperless! Segera minimalisir sebisa mungkin semua kegiatan cetak mencetak dokumen. Demi masa depan bumi.

Related

Technology 4620088720623697887

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item