Asal Usul Sepatu Boot Docmart yang Populer di Dunia

Asal Usul Sepatu Boot Docmart yang Populer di Dunia

Naviri Magazine - Sepatu Dr. Martens, atau yang biasa disebut Docmart, dibuat oleh seorang dokter berkebangsaan Jerman, bernama Dr. Klaus Martens. Sejarah Dr. Martens dimulai pada masa Perang Dunia II. Saat cuti pada tahun 1945, ia cedera pergelangan kaki, saat bermain ski di Pegunungan Alpen, Bavaria.

Dia menemukan bahwa sepatu bot militer standarnya terlalu tidak nyaman pada kakinya yang terluka. Sambil memulihkan diri, dia merancang perbaikan pada sepatu bot, dengan lapisan kulit dan bantalan udara yang empuk.

Setelah perang berakhir, dengan bekal pengalaman itu, sang dokter mencoba menjual ide inovasinya. Ia mulai menjalankan sebuah perusahaan sepatu rumahan skala kecil di Jerman, dengan bantuan seorang teman lamanya sewaktu kuliah. Seiring berkembangnya waktu, sepatu itu akhirnya dibeli oleh perusahaan Inggris.

Nama perusahaan tersebut ialah Griggs Group. Perusahaan itu membeli lisensi sepatu untuk dipasarkan di Inggris/UK sekitar tahun 1960-an. Perusahaan ini melakukan sedikit perbaikan dalam desainnya, membuat ciri khas berupa jahitan sol sepatu dengan benang warna kuning, dan melabeli sol dengan nama trademark ‘Airwair’, lalu mulai memproduksi sepatu boot ini.

Di sinilah titik penting dalam sejarah sepatu sang dokter: Boot klasik Docmart-1490 untuk pertama kalinya menginjak pasar London. Dari sinilah awal sejarah sepatu ini dimulai sebelum menguasai dunia, atau yang sering di kenal Dr. Martens Invasion.

Boot yang diproduksi berwarna merah cherry, yang desainnya nyaman dan praktis, ternyata disukai oleh kalangan working class atau kelas pekerja, yang pada saat itu didominasi oleh skinhead. Dapat diartikan juga bahwa kalangan skinhead yang pertama kali menggunakan sepatu Dr. Martens.

Para skinhead memiliki kreativitas yang membekas hingga kini, yaitu menyemir boot merah Docmart dengan semir warna hitam, sampai warnanya jadi merah gelap dan mengkilap, sehingga mengubah warna merah tersebut menjadi merah marun.

Lalu, pada tahun 1970-an, sepatu Dr. martens makin populer dan terkenal, karena banyak musisi Punk Rock, Ska, Psychobillies, Goths, Industrialis, hardcore, straight-edge, Glam, bahkan New Wave, memakai sepatu Dr. Martens.

Related

Lifestyle 2523176903385036712

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item