Carl Linnaeus, Pencipta Sistem Klasifikasi Ilmiah Dalam Biologi

Carl Linnaeus, Pencipta Sistem Klasifikasi Ilmiah Dalam Biologi

Naviri Magazine - Dalam biologi, sistem klasifikasi adalah sistem penyeragaman nama pada hewan dan tanaman, untuk memudahkan pengenalan terhadapnya. Disebut pula nama ilmiah.

Orang yang pertama kali menciptakan sistem penyeragaman tersebut adalah Carl Linnaeus (1707-1778), seorang ahli botani dan penjelajah berkebangsaan Swedia.

Sebagian besar tanaman dan hewan memiliki nama populer yang bervariasi dari satu tempat ke tempat lain. Nama ilmiah diberikan dengan tujuan agar nama itu dikenali di mana-mana. Latin adalah bahasa yang kemudian digunakan untuk nama ilmiah.

Nama ilmiah terdiri dari dua bagian. Nama pertama adalah genus, yang menggambarkan kelompok dari makhluk hidup yang berkerabat, sedang nama kedua adalah nama spesifik yang berlaku hanya untuk makhluk hidup tersebut.

Sebagai contoh, teratai putih disebut Nymphaea alba dalam bahasa Latin, dan orang dari negara mana pun akan memahami maksud nama itu.

Kerajaan apa yang ada pada makhluk hidup?

Makhluk hidup digolongkan ke dalam lima kerajaan. Kerajaan pertama adalah Monera, yang di dalamnya termasuk bakteri dan ganggang. Itu adalah kerajaan makhluk hidup yang paling sederhana.

Kemudian, kerajaan kedua, adalah Protoctista, yang lebih rumit dibanding kerajaan Monera. Yang ketiga adalah kerajaan Fungi atau jamur. Sedang dua lainnya adalah kerajaan Hewan dan kerajaan Tumbuhan.

Related

Science 1986447004338212869

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item