Cicada 3301, Misteri di Internet yang Aneh dan Membingungkan

Cicada 3301, Misteri di Internet yang Aneh dan Membingungkan

Naviri Magazine - Cicada 3301 adalah teka-teki yang sampai sekarang masih bikin pusing orang banyak! Dimulai pada awal tahun 2012, seseorang menemukan gambar aneh yang disertai tantangan kepada siapa pun untuk memecahkan kode pada gambar tersebut.

Kata si Cicada, "We are looking for highly intelligent individuals".

Mengapa dia mencari highly intelligent individuals? Siapa yang mencari? Untuk keperluan apa?

Teka-teki yang muncul pertama tahun 2012 itu sudah ada yang berhasil memecahkan, namanya Joel Eriksson, seorang kriptografer. Untuk memecahkannya, Joel sampai dibawa mutar-mutar. Selesai memecahkan gambar 1, hasilnya berupa alamat URL. Ketika dikunjungi, ada gambar lagi yang harus dipecahkan, begitu seterusnya sampai di gambar terakhir.

Joel menemukan isi sebenarnya dari pesan berantai tersebut... yang adalah nomor telepon. Setelah ditelepon, yang didapat cuma rekaman suara yang bilang, "Very good. You have done well. There are three prime numbers associated with the original final.jpg image. 3301 is one of them. You will have to find the other two. Multiply all three of these numbers together and add a .com to find the next step. Good luck. Goodbye."

Setelah memecahkan intruksi yang diberikan, Joel dibawa mutar-mutar lagi, sampai akhirnya ketemu angka koordinat peta. Setelah didatangi koordinatnya, ada kode lagi, begitu terus.

Sampai sekarang, Cicada 3301 masih ada yang belum terpecahkan. Kode terakhir keluar tahun 2014 kemarin, menunggu untuk dipecahkan. Untuk mengakses teka-teki ini, tidak bisa pakai Google Chrome/Mozilla, harus ada software khususnya.

Intinya, setelah sebuah kode terpecahkan, si Cicada akan memasang pemberitahuan, kemudian memunculkan teka teki baru. Tapi, siapakah di balik Cicada? Tidak ada yang tahu. Bahkan orang yang berhasil memecahkan kodenya pun tidak tahu siapa dia.

Related

Mistery 1716566127837641447

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item