Ini Negara-negara dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia

Ini Negara-negara dengan Kekuatan Militer Terkuat di Dunia

Naviri Magazine - Dunia sudah mengenal kekuatan Amerika Serikat, pemilik ekonomi terbesar di dunia. Setelah runtuhnya Uni Soviet sebagai salah satu adidaya, Amerika dengan penduduk 300 juta lebih menjadi satu-satunya negara adidaya di dunia tanpa saingan.

Amerika memiliki angkatan laut dan udara terkuat dunia (kuantitatif), yaitu sebanyak 1.559 Angkatan Laut dan sebanyak 18.169 mesin perang Angkatan Udara. Amerika memiliki 1,3 juta personil aktif dalam militer, selain juga menjadi negara yang memproduksi senjata terbesar di dunia.

Rusia di urutan 2

Rusia adalah negara dengan luas wilayah terbesar di dunia, terbentang dari Eropa, Asia, dan belahan utara. Negara dengan jumlah penduduk sekitar 160 juta jiwa ini memiliki jumlah senjata darat terbanyak di dunia, yaitu sejumlah 79.985, dengan 22.800 tank.

Rusia memiliki total sebanyak 526 mesin perang Angkatan Laut dan 3.888 Angkatan Udara. Kekuatan Rusia tidak sehebat pendahulunya, Uni Soviet, yang memiliki banyak kapal induk. Sekarang Rusia hanya memiliki satu kapal induk, yaitu Admiral Kuznetsov, dan sebagian besar alutsistanya peninggalan era Soviet. Di bawah komando Vladimir Putin, Rusia mengejar titel “adidaya”.

China di urutan 3

China adalah negara dengan jumlah penduduk paling banyak di bumi, juga negara dengan personil militer terbanyak di dunia, yakni sekitar 2,2 juta personil. Perlahan, kekuatan ekonomi China terus mengekor di belakang Amerika, dan memiliki kesempatan besar menjadi negara adidaya baru.

China memiliki senjata darat berjumlah 31.300, dan 8.200 di antaranya adalah tank. Memiliki 1.900 mesin perang Angkatan Udara, dan 760 mesin perang Angkatan Laut. Yang lebih menakutkan, rata-rata orang di sana yang masuk militer mencapai 20 juta tiap tahun. Sampai sekarang, China belum pernah kalah dalam perang. Dalam perang Korea, China melawan Amerika dan berakhir seimbang.

Bagaimana dengan Indonesia?

Di sebuah situs yang menyajikan informasi mengenai kekuatan militer negara-negara di dunia, Global Fire Power, Indonesia ternyata mendapat kedudukan di 20 besar militer terkuat. Tepatnya di urutan 18 (turun 5 peringkat sejak tahun 2010). Dan di ASEAN, Indonesia meraih peringkat ke-1. Disertai kabar gembira dari dunia militer kita, setelah KOPASSUS mendapat peringkat 3 dunia untuk pasukan khusus terbaik.

Berikut urutan 20 besar negara terkuat dari segi militer, menurut Global Fire Power:
Amerika
Rusia
China
India
Inggris
Turki
Korea Selatan
Prancis
Jepang
Israel
Brasil
Iran
Jerman
Taiwan
Pakistan
Mesir
Italia
Indonesia
Thailand
Ukraina

Sementara negara-negara tetangga berada di:
Filipina (ke-23)
Australia (ke-24)
Malaysia (ke-27)
Singapura (ke-41)

Walaupun alutsista Indonesia agak minim, tapi dari segi kekuatan Indonesia mendapat posisi terkuat di ASEAN.

Related

World's Fact 6010535925808363966

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item