Perangkat Ini Memungkinkan Kita Mengerakkan Benda dengan Pikiran

Perangkat Ini Memungkinkan Kita Mengerakkan Benda dengan Pikiran

Naviri Magazine - Pernahkah Anda membayangkan bisa mengetahui isi pikiran seseorang? Atau menggerakkan benda-benda di sekitar Anda menggunakan tenaga pikiran? Headset ini akan memberikan kemampuan menakjubkan itu pada Anda.

Emotiv Headset bekerja dengan melakukan pemindaian pada otak Anda, menggunakan teknologi EEG yang disematkan padanya. Selanjutnya, sinyal otak yang ditangkap akan diteruskan pada sebuah komputer untuk meneliti perasaan atau ketertarikan terhadap sesuatu hal.

Menariknya, perangkat ini juga memungkinkan pengguna untuk menggerakkan benda-benda di sekitarnya, tetapi yang sudah terintegrasi dengan alat ini tentunya. Alhasil, pengguna yang mempunyai keterbatasan, misalnya kecacatan, bisa melakukan hal-hal seperti mengontrol lengan robot atau kaki robot mereka, hingga memainkan video game lewat konsol tertentu.

Karena Emotiv juga mempunyai 'akses' ke otak, perangkat ini bisa membantu penderita epilepsi, ADHD, atau gangguan tidur, dengan cara menenangkan otak dan membuat mereka fokus terhadap hal yang sedang dilakukan.

Ironisnya, alat ini bisa dimanfaatkan untuk aksi-aksi ilegal. Misalnya, ketika pengguna memakai Emotiv untuk bermain game, seseorang bisa meretas informasi lain yang sebenarnya dirahasiakan oleh Emotiv.

Bahkan, dari sinyal EEG saja, seseorang bisa mencari tahu password kartu kredit, atau mengetahui apakah si pengguna mengalami masalah mental tertentu, yang tentunya berbahaya bagi keselamatan pengguna.

Emotiv dijual dalam dua versi, yakni versi EPOC seharga Rp 3,5 juta dan versi EEG seharga Rp 8,9 juta. Pada versi EEG, pengguna bisa melakukan penelitian sendiri dengan tambahan data yang di-bundling saat pembelian.

Related

Technology 134174328808172415

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item