Kisah Pertemuan Joshua Oppenheimer dengan Para Jagal di Filmnya

Kisah Pertemuan Joshua Oppenheimer dengan Para Jagal di Filmnya

Naviri Magazine - Saat membuat film dokumenter nominasi Academy Award, "The Act of Killing",  Joshua Oppenheimer mengaku banyak bertemu para jagal. Anwar Congo, yang menjadi bintang utama dalam film ini, merupakan jagal ke 41 yang ditemuinya saat menelusuri keterangan buruh perkebunan sawit di kawasan Matapao, Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

Kepada Charlestone City Paper, Oppenheimer menceritakan bahwa dirinya bertemu banyak jagal ketika membuat film ini. Para jagal, menurut Oppenheimer, sangat terbuka dan malah berbangga dengan tindakan mereka.

"Semua dari mereka membawa saya ke tempat dimana mereka membunuh, menerangkan dengan spontan bagaimana mereka membunuh," kata Oppenheimer, kepada Carlestone City Paper.

Film dokumenter tentang pembantaian masal di Indonesia, karya Oppenheimer, "The Act of Killing", masuk sebagai salah satu nominasi film dokumenter terbaik Academy Awards.

"Sebelum dirilis awal musim panas tahun lalu, film ini sudah menjadi pembicaraan di kalangan pembuat film," kata Chief Editor The New York Times, Larry Rohter, yang dimuat dalam situs dan blog di media yang sama.

Subjek film Oppenheimer, yang menceritakan pembantaian masal di Indonesia, saat konflik politik tahun 60-an yang terjadi antara militer dan sipil, menyajikan cerita dokumenter yang dinilai Rohter tidak biasa.

Related

Film 1849594900043888873

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item