Hujan Paling Parah di Dunia Melanda Serbia dan Bosnia

Hujan Paling Parah di Dunia Melanda Serbia dan Bosnia

Naviri Magazine - Serbia dan Bosnia diterjang hujan terparah dalam 120 tahun terakhir. Hujan lebat selama satu minggu itu mengakibatkan sedikitnya 20 orang tewas, dan ribuan lainnya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman di wilayah barat dan tengah Serbia, dan perbatasan Bosnia.

Di Serbia saja, 6.000 orang terpaksa meninggalkan rumah mereka. Sedangkan ribuan lainnya sedang menunggu untuk dievakuasi, karena debit air Sungai Sava dan Morava masih dalam situasi membahayakan.

Serbia dan Bosnia telah mengumumkan status negara dalam keadaan darurat.

Hujan lebat juga membuat aliran listrik ke rumah penduduk terputus. Lebih dari 150 ribu rumah tangga hidup tanpa listrik. Peristiwa itu pun mengakibatkan tanah longsor sebanyak 200 kali.

Pemerintah Serbia meminta negara-negara tetangganya untuk memberikan bantuan darurat, setelah dua pembangkit listrik tenaga air di negara itu terpaksa tidak diaktifkan karena banjir bandang.

"Tidak pernah bencana alam separah ini terjadi di Serbia," kata Aleksandar Vucic, Perdana Menteri Serbia, saat menggelar pertemuan darurat dengan stafnya.

Hujan yang diperkirakan masih berlanjut, membuat para pejabat Bosnia mengingatkan warga tentang kemungkinan lebih banyak lagi tanah longsor yang terjadi.

Tim bantuan dari Rusia telah tiba di kedua negara untuk memberikan bantuan.

Related

World's Fact 3745578876180529975

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item