Ini Penyebab Ilmuwan Tidak Melakukan Kloning Pada Manusia

Ini Penyebab Ilmuwan Tidak Melakukan Kloning Pada Manusia

Naviri Magazine - Kloning, atau teknologi yang memungkinkan manusia membuat kembaran suatu makhluk, memungkinkan kita bisa “menciptakan” atau menduplikasi sosok kembar dari makhluk yang dikloning.

Sejak percobaan kloning pertama terhadap Domba Dolly pada 1996 lalu, praktik terhadap duplikasi makhluk hidup memang kian marak. Sebuah perusahaan komersial bernama ViaGen—bagian dari perusahaan biotek, Intrexon—bahkan terus melakukan berbagai praktik kloning terhadap beragam jenis hewan. Mulai dari sapi, domba, babi, serta hewan-hewan peliharaan lain.

Di Korea Selatan, Woo Suk Hwang, guru besar Seoul National University (SNU), bersama 10 orang anggota timnya, pada 2005 lalu berhasil mengkloning ratusan anjing, sapi, babi, serta ajax.

Kendati demikian, tidak seperti hewan, saat ini kloning terhadap manusia masih sekadar jadi hasrat. Alasannya bukan keterbatasan teknologi, tetapi faktor etika.

Komentar ini kembali memancing perdebatan. Soalnya, tahun lalu dunia juga sempat digegerkan dengan rekayasa genetik yang dilakukan oleh ilmuwan asal Cina, He Jiankui.

Sebagaimana diwartakan Associated Press, He Jiankui ‘memperbaiki' embrio tujuh pasangan selama perawatan kesuburan, yang satu di antaranya berhasil menciptakan kehidupan baru. Dia memperbaiki DNA dengan alat baru dan menulis ulang kehidupan.

"Dua gadis Cina kecil yang cantik, bernama Lulu dan Nana, lahir dan menangis ke dunia, sama sehatnya dengan bayi lain beberapa minggu yang lalu," kata He Jiankui dalam sebuah video yang diunggah di Youtube.

Penelitian He Jiankui pada 2018 lalu akhirnya dihentikan secara paksa oleh pemerintah Cina, karena dianggap menyalahi nilai moral manusia. Awal tahun ini, tim investigasi terhadap proyek tersebut bahkan telah memvonis He Jiankui bersalah serta terancam sanksi maksimal hukuman mati.

Related

Science 2227441649367027732

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item