Ini 5 Negara yang Mengalami Masalah Kelaparan Terburuk di Dunia

Ini 5 Negara yang Mengalami Masalah Kelaparan Terburuk di Dunia

Naviri Magazine - Ada berbagai bencana yang bisa melanda orang di mana pun, dan kelaparan adalah salah satunya. Kelaparan bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa barena bencana, sehingga orang-orang tidak bisa bekerja. Bisa karena kekeringan, sehingga lahan tidak bisa ditanami. Atau bisa karena hal-hal lain seperti perang, atau kemiskinan yang parah.

Saat ini, meski banyak orang di dunia dapat makan hingga kenyang, kenyataannya ada negara-negara yang rakyatnya dilanda kelaparan. Berikut ini adalah lima negara yang mengalami masalah kelaparan terburuk di dunia.

Afrika Tengah

Afrika Tengah benar-benar dalam masalah besar. Banyak konflik yang terjadi karena permasalahan etnis yang sudah muncul sejak tahun 2012 hingga sekarang.

Republik Afrika Tengah mengalami ketidakstabilan antara produksi dan konsumsi pangan. Hal tersebut membuat negara ini setidaknya menggusur lebih dari satu juta orang yang menjadi korban akibat konflik. Bahkan, lebih dari setengah penduduk Afrika Tengah memerlukan bantuan makanan.

Chad

Chad mengalami masalah iklim yang parah. Kekeringan menjadi masalah negara ini dalam memproduksi bahan pangan bagi masyarakat. Hujan sudah seperti hal yang mahal di negara ini.

Chad telah bertahun-tahun mengalami krisis kelaparan. Sepertiga masyarakat Chad mengalami kekurangan gizi, dan 40 persen anak-anak mengalami kelaparan kronis. Masalah ini juga ditambah dari makin banyaknya pengungsi dari Nigeria, Afrika Tengah, dan Sudan, yang mengalami konflik. Mereka semua butuh bantuan makanan darurat.

Yaman

Yaman menjadi negara dengan tingkat krisis besar yang berbahaya. Di negara ini, kelaparan seperti hal wajar bagi setiap masyarakat yang tinggal di sana. Bahkan hal tersebut memaksa masyarakatnya keluar dari negaranya.

Perang saudara di Yaman mencengkeram rakyatnya sendiri. Konflik brutal membuat 18 juta masyarakat Yaman mengalami kelaparan, dan delapan juta masyarakat berpotensi kelaparan. Berdasarkan data, lebih dari 11 juta rakyat Yaman butuh bantuan kemanusiaan demi menyambung hidup.

Sierra Leone

Sierra Leone terus dihantui rasa takut dan cemas sebagian warganya. Banyak masyarakat Sierra Leone yang mengalami kelaparan dan kemiskinan yang parah.

Meski stabilitas politik dan perdamaian relatif baik, namun banyak hal yang menjadi faktor masalah di negara ini. Sierra Leone pernah terkena dampak Ebola yang kuat, hal tersebut membuat produksi pangan menurun drastis. Negara ini juga sempat diterjang bencana banjir dan tanah longsor, yang menewaskan banyak warga.

Haiti

Haiti adalah negara kepulauan yang memiliki kondisi politik yang tidak stabil, sekaligus bencana alam seperti badai, banjir, dan gempa bumi, yang datang beriringan.

Lebih dari setengah masyarakat Haiti tinggal dengan biaya hidup yang kurang dari US$ 2 dollar per hari. Jumlah itu menekankan bahwa negara ini benar-benar memiliki masalah serius. Terlebih, banyak degradasi lahan yang membuat kehilangan lahan untuk memproduksi bahan makanan.

Related

World's Fact 3621475213785919442

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item