Ternyata, Peluru yang Bisa Berbelok Benar-benar Ada di Dunia Nyata

 Ternyata, Peluru yang Bisa Berbelok Benar-benar Ada di Dunia Nyata

Naviri Magazine - Dalam film-film action ala Hollywood, ada banyak adegan yang sangat memukau. Dalam film tembak-tembakan, misalnya dalam film Wanted, bahkan ada adegan yang terkesan mustahil, yaitu peluru yang mampu berbelok. Kita mungkin selama ini mengira hal semacam itu hanya ada dalam film.

Namun, ternyata, peluru yang bisa berbelok semacam itu benar-benar ada di dunia nyata, dikembangkan oleh DARPA dan Sandia Labs.

Peluru ini mempunyai sirip, dan masih butuh laser pemandu, yaitu panduan dari laser yang terus menerus diarahkan ke sasaran. Sensor akan memberi informasi ke chip yang ditenagai baterai, yang dapat mengoreksi perubahan arah melalui aktuator yang memutar siripnya. Koreksi arah dilakukan setiap 30 kali/detik.

Peluru ini tidak bergerak berputar, melainkan stabil seperti dart, karena mekanisme siripnya. Bahkan dengan jarak sasaran 1 km hanya meleset sejauh 20 cm.

Pengujian awalnya berhasil mengenai sasaran pada jarak lebih dari 2 km, dengan kecepatan 2.1 mach (620 meter/detik). Sebuah lampu LED ditempatkan pada peluru tersebut, untuk melihat arah pergerakannya ketika ditembakkan.

DARPA (Defense Advanced Research Projects Agency) sangat tertutup mengenai riset mereka. Sehingga sangat sedikit informasi yang didapatkan mengenai riset peluru berbelok yang mereka sebut dengan EXACTO, yaitu singkatan Extreme Accuracy Tasked Ordnance.

EXACTO mempunyai bentuk yang sangat berbeda dengan peluru berbelok Sandia Labs. Perbedaan pertama, peluru itu tidak menggunakan sirip. Perbedaan kedua, peluru itu menggunakan pemandu otomatis tanpa harus dibantu laser terus menerus. Perbedaan ketiga, peluru bisa digunakan oleh orang yang tidak terlatih sekali pun.

Perbedaan keempat, peluru lebih aman dari gangguan informasi dan penyimpangan posisi sasaran, karena informasi sasaran tersimpan di chip peluru. Perbedaan kelima, peluru EXACTO khusus untuk kelas militer, sedangkan Sandia Labs akan memproduksi pelurunya secara massal.

Sedangkan ukuran kedua peluru tersebut kemungkinan sama, yaitu kaliber .50.

Related

World's Fact 7968741679401923427

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item