Tips Menyiapkan Masa Pensiun yang Aman, Sehat, dan Nyaman

Tips Menyiapkan Masa Pensiun yang Aman, Sehat, dan Nyaman

Naviri Magazine - Ketika muda dan masih aktif bekerja, urusan uang mungkin masih mudah diatasi. Setidaknya, adanya gaji atau penghasilan tetap bisa memenuhi semua kebutuhan hidup sehari-hari atau pun kebutuhan mendadak seperti perawatan di rumah sakit saat jatuh sakit.

Namun, ketika usia mulai tua dan memasuki masa pensiun, urusan uang bisa menjadi masalah yang merepotkan. Karenanya, sebelum masa pensiun datang, kita sudah perlu memikirkan dan menyiapkannya, agar di masa pensiun kelak tidak terlalu kerepotan karena uang. Berikut ini tips yang bisa diikuti sejak sekarang.

Kurangi sifat konsumtif

Masyarakat modern terbiasa menggunakan pendapatannya untuk bersenang-senang dan membeli barang yang disukai. Sebenarnya hal ini sah-sah saja bila dilakukan dalam batas wajar.

Namun, jangan terlalu sering membeli barang-barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan. Akibatnya, barang yang sudah dibeli malah mubazir dan menguras isi tabungan.

Rintis bisnis sampingan

Banyak orang tua yang menjadi beban hidup bagi anak pasca pensiun, karena tidak memiliki penghasilan tetap lagi. Padahal, sebenarnya hal tersebut bisa diatasi dengan merintis bisnis sampingan.

Alangkah lebih baik bila upaya merintis bisnis sampingan dilakukan sejak dini secara mandiri maupun bersama pasangan. Ketika memasuki masa pensiun nanti, bisnis sampingan bisa diandalkan sebagai pendapatan utama.

Siapkan tabungan pensiun

Salah satu sumber penghasilan yang bisa menjamin hidup pasca pensiun adalah tabungan pensiun. Biasanya, tabungan pensiun adalah gabungan dari potongan gaji per bulan dan dana khusus yang disiapkan perusahaan.

Semakin cepat kamu memiliki tabungan pensiun, semakin besar pula jumlah dana yang bisa dikumpulkan. Tabungan pensiun akan mencukupi kebutuhan hidup kamu dan pasangan di masa tua nanti.

Belanja di tempat termurah

Jangan meremehkan penghematan yang bisa kamu lakukan ketika berbelanja. Kamu bisa menghemat puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah jika berbelanja di tempat yang tepat. Setiap supermarket memiliki perbandingan harga yang berbeda satu sama lain. Ada supermarket tertentu yang rata-rata harga barangnya jauh lebih murah daripada kompetitor.

Apabila memungkinkan, kamu juga bisa berbelanja di pasar tradisional yang kualitas barangnya pasti baik dan harganya sangat terjangkau. Dengan demikian, akan ada lebih banyak sisa uang untuk ditabung.

Jalani pola hidup sehat

Pola hidup sehat memiliki hubungan erat dengan kondisi finansial. Dengan menjalani pola hidup sehat secara konsisten sejak muda, kemungkinan besar kamu akan terhindar dari berbagai penyakit kronis yang akan menguras isi tabungan.

Selain itu, dengan tetap bugar di usia tua, maka buah hati kamu tidak perlu repot mendampingimu setiap waktu. Jika memungkinkan, mulailah berlangganan asuransi kesehatan sejak muda, dengan memilih manfaat proteksi yang paling sesuai dengan kebutuhan.

Related

Tips 6141398379754584132

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item