Begini Proses Terbentuknya Embun dan Munculnya Kabut

Begini Proses Terbentuknya Embun dan Munculnya Kabut

Naviri Magazine - Dari mana datangnya embun? Udara yang membungkus Bumi mengandung sejumlah tertentu uap air, yang dikenal sebagai kelembapan udara atmosfer.

Pada malam hari, ketika suhu turun, uap air berubah menjadi butir-butir air di atas beberapa zat padat. Butir-butir air itu menempel pada tanah, batuan, rumput, dan daun-daunan, yang kemudian kita sebut embun.

Pada musim dingin, ketika suhu sangat rendah, uap air itu mencair, kemudian membeku dan membentuk kristal-kristal yang sangat kecil, yang disebut salju.

Apa yang disebut titik embun?

Titik embun adalah suhu ketika udara masih sanggup menahan uap air sebanyak mungkin. Ketika suhu udara semakin bertambah dingin, sebagian uap air akan mengembun di atas permukaan benda yang terdekat.

Apa yang menyebabkan munculnya kabut?

Ketika air di permukaan laut dan sungai berubah menjadi uap, maka uap itu akan naik karena beratnya lebih ringan dibanding udara. Uap itu mengembun dan melayang-layang di udara. Namun, jika udara sangat lembap dan suhu sangat rendah, maka pengembunan terjadi di dekat tanah, dan membentuk kabut.

Biasanya, kabut muncul pada pagi atau sore hari, ketika Matahari tidak memberikan panas terlalu banyak. Ketika kabut terjadi di laut, peluit kabut akan digunakan untuk memperingatkan kapal-kapal agar tidak saling bertabrakan.

Related

Science 7229579111498236762

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item