Melebihi Fantasi, Ini 7 Hasil Karya Manusia Paling Menakjubkan di Dunia

Melebihi Fantasi, Ini 7 Hasil Karya Manusia Paling Menakjubkan di Dunia

Naviri Magazine - Dari zaman kuno sampai zaman modern, peradaban manusia selalu menciptakan karya-karya luar biasa yang menakjubkan di zamannya. Ribuan tahun lalu, di Babilonia ada Taman Gantung, sementara di Mesir ada Piramida. Kini, di zaman modern, manusia juga menciptakan karya-karya hebat serupa.

Karya-karya manusia di abad modern meliputi bangunan, pesawat, bendungan, sampai pulau buatan. Di antara banyak karya manusia yang membuat dunia takjub, berikut ini tujuh di antaranya.

Burj Khalifa

Burj Khalifa, sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah gedung pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab, yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian gedung pencakar langit ini mencapai 828 meter (2.717 kaki).

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia, pada 21 Juli 2007.

Millau Viaduct

Millau Viaduct adalah jembatan yang menyeberangi lembah Sungai Tarn dekat Millau, di selatan Perancis. Dirancang oleh teknisi jembatan Perancis, Michel Virlogeux, dalam kerja sama dengan arsitek Britania, Lord Foster, Millau merupakan jembatan “vehicular” tertinggi di dunia, dengan tonggak puncak mencapai 341 meter (1.118 kaki).

Jembatan ini sedikit lebih tinggi dari Menara Eiffel, dan hanya 40 meter (132 kaki) lebih pendek dari Gedung Empire State. Millau Viaduct dibuka resmi pada 14 Desember 2004, dan dibuka untuk lalu lintas pada 16 Desember 2004.

Henderson Wave

Struktur jembatan yang satu ini terbilang unik, bahkan satu-satunya di dunia. Bentuknya seakan berputar seperti spiral, dan membuatnya berkarakter sekaligus memberikan sentuhan modern terhadap taman nasional Mount Faber dan Telok Blangah, yang menyimpan ragam kekayaan natural Singapura.

Banyak orang menikmati berjalan kaki di struktur yang terbuat dari kayu dan baja ini di pagi hari untuk menghirup udara segar. Banyak pula yang mengunjungi taman yang diterangi cahaya lampu dengan efek dramatis pada pukul 7 malam hingga pukul 2 pagi.

Salah satu permata desain Singapura yang kerap luput dari daftar itinerary ini adalah salah satu alasan kuat yang membuat banyak orang datang ke Singapura.

Palm Jumeirah

Palm Jumeirah adalah pulau buatan yang dibangun dengan reklamasi tanah oleh Nakheel, sebuah perusahaan yang dimiliki pemerintah Dubai. Pulau ini merupakan satu dari tiga pulau yang disebut The Palm Islands, yang akan meningkatkan pesisir pantai Dubai hingga 520 km.

Palm Jumeirah merupakan yang terkecil dari 3 Palm Islands (Palm Jumeirah, Palm Jebel Ali, dan Palm Deira). Letaknya di area pesisir pantai Jumeirah di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Channel Tunnel

Channel Tunnel adalah terowongan rel sepanjang 50 km di bawah Selat Inggris (tepatnya di Selat Dover), yang menghubungkan Cheriton dan Kent di selatan Britania Raya, dan Coquelles serta Calais di utara Perancis.

Proyek berbiaya besar ini awalnya dimulai dengan beberapa kesalahan, dan akhirnya selesai dibangun pada 1994.

Channel Tunnel merupakan terowongan rel terpanjang kedua di dunia, setelah Terowongan Seikan di Jepang. Terowongan ini dioperasikan oleh Eurotunnel plc. Chunnel, dimana Chunnel adalah kependekan dari The Channel Tunnel

The Dreamliner 

Pesawat dirancang agar sangat ramah lingkungan. Menurut Boeing, material pesawat The Dreamliner terbuat dari serat karbon yang ramah lingkungan. Pesawat ini juga irit bahan bakar, mampu menempuh jarak dua kali jarak tempuh Boeing 777. Lampu yang digunakan pesawat ini juga sangat ramah lingkungan.

Pesawat ini menggunakan mesin Rolls-Royce Trent 1000 dan mesin General Electric GEnx 2B-12 yang inovatif. Pesawat ini juga mempunyai radar Honeywell versi terbaru, yang dirancang untuk memantau cuaca di depan pesawat dengan jarak 100.000 meter (100 km).

Three Gorges Dam

Bendungan Tiga Jurang atau Bendungan Tiga Ngarai, atau Dam Tiga Jurang, terletak di Sungai Yangtze (sungai ketiga terpanjang di dunia) di Sandouping, Yichang, provinsi Hubei, Cina. Konstruksinya dimulai pada 1994.

Bendungan ini menjadi bendungan hidroelektrik terbesar di dunia, ketika diselesaikan pada tahun 2009. Penampungan ini memulai pengisian pada 1 Juni 2003, dan akan menempati wilayah Tiga Jurang yang indah, antara kota Yichang, Hubei, dan Fuling, Chongqing.

Related

World's Fact 3017285146291551750

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item