Ini Penyebab Kilat Selalu Menyala Sebelum Petir Menggelegar

Ini Penyebab Kilat Selalu Menyala Sebelum Petir Menggelegar

Naviri Magazine - Ketika kilat menyala, sebenarnya pada saat itu juga petir menggelegar. Tetapi, yang kita saksikan, kilat akan tampak terlebih dulu pada mata kita, dan setelah itu baru terdengar suara petir. Mengapa itu terjadi?

Pada waktu kilat menyala, saat itu pula kita dapat langsung melihatnya, karena kecepatan cahaya (kilat) sangat tinggi, yaitu 299.792.458 meter per detik, sehingga hampir tidak ada delay untuk mencapai mata kita.

Tetapi, kecepatan suara tidak secepat itu. Suara bergerak dengan kecepatan 331 meter per detik.

Karenanya, kita baru mendengar suara petir menggelegar setelah beberapa saat menyaksikan kilat menyala. Karena itu pula, jarak petir dengan tempat kita berdiri sekitar 1 kilometer setiap tiga detik.

Apakah petir berbahaya?

Kilatan petir adalah suatu lompatan listrik alam yang sangat besar, yang terlihat menakutkan, selama terjadinya hujan atau badai. Dalam keadaan biasa, petir tidak berbahaya, karena sebagian besar sambaran petir tidak mencapai tanah.

Namun, meski begitu, petir pernah menunjukkan kekuatannya dengan menghanguskan pohon-pohon, menghantam cerobong asap, atau bahkan merenggut nyawa manusia atau makhluk hidup lainnya.

Related

Science 4304244058610725608

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item