Inilah Negara-negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Inilah Negara-negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia

Naviri Magazine - Emas, sebagai batu mulia, tidak bisa dibuat, karena keberadaannya murni dari hasil bumi. Untuk mendapatkan emas, manusia harus menggali di tempat-tempat yang terdapat kandungan emas di negaranya, dan kemudian mengolahnya hingga menjadi emas sebagaimana yang kita kenal. Negara manakah yang paling banyak menghasilkan emas dari dalam buminya?

PricewaterhouseCoopers (PwC) dan World Gold Council merilis laporan bertajuk “The Direct Economic Impact of Gold”, yang membahas perdagangan emas dunia, dan dampaknya terhadap dunia. Dalam laporan itu juga disajikan lima belas negara yang tambang emasnya berkontribusi besar pada pendapatan global.

PricewaterhouseCoopers (PwC) adalah perusahaan jasa tingkat internasional yang berbasis di London. PwC merupakan salah satu perusahaan penyedia jasa profesional terbesar di dunia berdasarkan pendapatannya.

Dalam laporan yang dirilis perusahaan tersebut, terdapat 15 negara produsen emas terbesar yang jumlahnya sekitar 75 persen dari nilai produksi global. Pada 2012, negara-negara tersebut menghasilkan nilai tambah bruto (Gross Value Added/GVA) yang besarannya setara dengan produk domestik bruto (PDB) Ekuador dan 30 persen dari prediksi PDB Shanghai.

Nilai tambah bruto, yang juga sering disingkat NTB, mengacu pada kontribusi ekonomi sejumlah entitas, terkait pasokan emas di dalamnya. NTB juga merefleksikan kontribusi pasokan emas terhadap negara-negara penghasilnya, dan jumlah lapangan kerja yang bisa dihasilkan dari produksi tambang emas tersebut.

Sementara secara umum, NTB merupakan salah satu parameter ekonomi yang menggambarkan selisih antara nilai produksi (output) dan biaya yang habis dipakai selama proses produksi suatu produk, baik barang maupun jasa.

Berdasarkan NTB dan PDB yang diperoleh dari perdagangan emas, sebagaimana yang dirilis PricewaterhouseCoopers (PwC) dan World Gold Council, berikut ini 15 negara yang memiliki tambang emas sekaligus penghasil emas terbesar di dunia:
  1. Cina
  2. Amerika Serikat 
  3. Rusia
  4. Australia
  5. Peru
  6. Afrika Selatan
  7. Kanada
  8. Meksiko
  9. Indonesia
  10. Ghana
  11. Uzbekistan
  12. Brazil
  13. Papua Nugini
  14. Argentina
  15. Tanzania

Related

World's Fact 6961357866355214033

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item