Misteri Penemuan Laba-laba Bermuka Manusia yang Bikin Heboh

Misteri Penemuan Laba-laba Bermuka Manusia yang Bikin Heboh

Naviri Magazine - Ada spesies laba-laba aneh yang bikin heboh di sebagian negara, yaitu “laba-laba bermuka manusia”. Laba-laba itu mirip laba-laba umumnya. Namun, ekspresi muka atau pada bagian perutnya terdapat sesuatu yang mirip hiasan yang mirip wajah manusia.

Menurut laporan, "laba-laba bermuka manusia" sebelumnya pernah ditemukan di Shandong, Guangxi, Zejiang, Henan, Sichuan, Mongolia dalam, Shanghai, Xinjiang, dan daerah lainnya, begitu juga di Taiwan.

Laba-laba ini ukurannya berbeda-beda, mulai dari beberapa milimeter sampai puluhan milimeter, dan pola hiasannya ada yang terdapat di bagian punggung dan perut. Ada yang seperti wanita berparas cantik, juga ada yang jeleknya, bahkan ada yang mirip “patung kayu”. Laba-laba yang ditemukan Mr. Wang di Kota Qianan, garis-garis mukanya berada di bagian punggung yang menyembul.

Laba-laba bermuka manusia Nephila pilipes tergolong Tetragnathidae, nama ini diperoleh karena di dada depannya terdapat gambar yang mirip dengan muka manusia.

Laba-laba ini tersebar di berbagai daerah datar di seluruh Taiwan hingga kawasan pegunungan. Suka menyimpul jaring di antara dahan-dahan pohon, dan menangkap serangga. Jaring yang disimpulnya bisa mencapai beberapa meter lebarnya. Begitu mendapat serangga, dengan cepat laba-laba ini memuntahkan jaringnya, menangkap mangsa, kemudian menyantapnya.

Ada ahli yang berpendapat, “laba-laba bermuka manusia” mungkin suatu gejala yang agak jarang ditemui. Selain itu, ada juga ahli yang berpendapat, munculnya “laba-laba bermuka manusia” ada tiga kemungkinan: pertama, suatu mutasi dari laba-laba biasa; kedua, mungkin mengalami luka dari luar; ketiga, tidak tertutup kemungkinan adalah subspesies laba-laba.

Penemuan di berbagai tempat

Pada Mei 2006, pekerja di Wang Ling, Xia barat, menemukan seekor "laba-laba wanita cantik". Wujud laba-laba itu unik.

Bagian kepalanya hitam pekat, berbentuk beludru, mirip bulu burung, pada bagian moncongnya terdapat dua helai sungut, persis seperti sebuah tang. Bagian perutnya berwarna hitam. Di kiri kanan pada keempat kakinya, rata-rata berwarna abu-abu muda, penuh bintik putih kecil secara merata.

Bagian punggung berwarna kuning jingga, dihiasi 4 bintik hitam, membentuk persegi empat, indah sekali. Di bagian ekornya terdapat segaris hitam berbentuk busur yang ditempeli bintik putih, membedakan dengan jelas bagian punggung dan perut, begitu unik, persis seperti gadis cantik yang mengenakan gaun indah.

Pada 17 Mei 2006, di rumah Nyonya Xia di sekitar Kantor Polisi Hefei, ditemukan 3 laba-laba yang ganjil. Ketiga laba-laba itu bukan saja memiliki “topeng wajah”, bahkan melukiskan abjad Inggris secara jelas. Persis seperti muka robot yang memakai topeng, 4 pasang cakarnya panjang-panjang.

Di bagian ekor cakarnya terlihat abjad “W M N Z” dan abjad Inggris lainnya. Namun ada yang mengatakan bahwa abjad Inggris itu murni kebetulan. Mungkin karena laba-laba itu berulang kali memuntahkan jaringnya di sana, sehingga pada abjad itu tampak tidak sama dengan jaring laba-laba. Padahal tidak ada bedanya, semua itu jaring laba-laba.

Pada 22 April 2006, di kawasan Qingfang, Kota Wujiaqu, Xinjiang, penduduk setempat menangkap 4 “laba-laba bermuka manusia”. Segera setelah itu, secara berturut-turut warga setempat menemukan lagi “laba-laba bermuka manusia” di Urumqi, Xinjiang. Laba-laba aneh bewarna hijau yang beralis dan berhidung sebesar kacang ini menarik perhatian publik.

Pada 21 September 2005, “laba-laba bermuka manusia” juga ditemukan di hutan oleh seorang warga Kota Rizhao, Provinsi Shandong.

Warga tersebut menuturkan, ketika ia sedang berjalan-jalan di sekitar rumahnya, tanpa sengaja ia menemukan laba-laba yang “unik” di hutan kecil ini. Laba-laba berbentuk elips sepanjang kurang lebih 5 cm ini, garis-garis di antara kuning dan hitam di punggungnya persis seperti tawon besar.

Setelah diamati bagian perutnya, tak disangka ternyata berbentuk seperti “muka manusia”. Garis-garis moncong, mata, hidung, dan bagian mukanya begitu mencolok, tampak begitu hidup.

Pada 14 Juni 2005, di toko Mr. Wang, kota Taiyuan, Provinsi Shanxi, seekor “laba-laba bermuka manusia” menarik cukup banyak pengunjung datang menyaksikannya. Di atas punggung laba-laba terdapat “mata” dan “hidung”. Persis seperti sebuah patung, sehingga membuat orang yang melihatnya merasa heran.

Pada 26 Juli 2003, nyonya pemilik toko busana Dandinghe di Hequn Road No.60, Guiyang City, dikejutkan oleh laba-laba di atas gorden pintu, ketika ia membuka pintu tokonya. Laba-laba ini berwarna hijau muda, dua kaki di sisi kirinya cacat. Anehnya, di atas punggung perutnya yang berbentuk hati, terdapat beberapa pola hiasan merah muda, mirip seraut wajah wanita.

Pada 20 Agustus 2002, Nyonya Wu dari Desa Yongkang, Sichuan, menuturkan, ketika ia dan suaminya memetik bunga di taman, mereka melihat 2 laba-laba “bermuka manusia” dalam bunga yang mereka petik. Warnanya putih, bertempurung. Di atas tempurung laba-laba terdapat gambar muka manusia, lengkap dengan panca indra seperti mata, moncong, dan alis.

Related

World's Fact 4175871273880568240

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item