Inilah Masjid Pertama di Dunia yang Dibangun Nabi Muhammad

Inilah Masjid Pertama di Dunia yang Dibangun Nabi Muhammad

Naviri Magazine - Masjid pertama dalam sejarah Islam dibangun pada 12 Rabiul Awal tahun pertama Hijriyah, di sebuah desa bernama Quba—daerah pertengahan antara Makkah dan Madinah. Masjid itu pun kemudian dikenal dengan nama Masjid Quba.

Pada waktu itu, Rasulullah Muhammad SAW sedang dalam perjalanan hijrah dari Makkah ke Madinah.

Untuk mengelabui kaum Quraisy yang ingin membunuhnya, Rasulullah meminta Ali bin Abi Thalib untuk berbaring di tempat tidurnya, sehingga para pembunuh yang diutus kaum Quraisy mengira Rasulullah masih ada di rumah. Sementara itu, Rasulullah bersama Abu Bakar melakukan hijrah ke Madinah diam-diam.

Sesampai di desa Quba, Rasulullah dan Abu Bakar berhenti untuk beristirahat sambil menunggu Ali bin Abi Thalib yang akan datang menyusul bersama rombongannya.

Rasulullah dan Abu Bakar disambut baik oleh kabilah Bani Salim bin Auf yang ada di sana. Selama tiga hari menunggu itulah, Rasulullah mulai membangun masjid, yang kemudian menjadi masjid pertama di dunia.

Ketika Ali bin Abi Thalib sampai di tempat itu bersama rombongannya, masjid yang masih sederhana itu kemudian digunakan untuk beristirahat. Di masjid itu pulalah sholat Jum’at pertama kali dilakukan, tepatnya pada 16 Rabiul Awal tahun pertama Hijriyah, dan untuk pertama kalinya Rasulullah menyampaikan khutbah Jum’at.

Sampai sekarang Masjid Quba yang bersejarah itu masih berdiri, meski telah banyak mengalami perubahan dan renovasi.

Related

World's Fact 5374319663155258044

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item