Sains Populer: Mengenal Glasiologi dan Hidrogeologi

Sains Populer: Mengenal Glasiologi dan Hidrogeologi

Naviri Magazine - Glasiologi adalah ilmu yang mempelajari sifat-sifat fisika/kimia es dan salju (gletser), pembentukan formasi, pergerakan, dan juga evolusinya. Istilah glasiologi berasal dari bahasa Prancis, yaitu “glace”, yang berarti “es”, dan bahasa Yunani, “logos”, yang berarti ilmu.

Studi tentang glasiologi juga mencakup aspek ilmu lain, seperti geofisika, geologi, geografi fisik, geomorfologi, klimatologi, meteorologi, hidrologi, biologi, dan ekologi.

Sedangkan hidrogeologi adalah bagian dari hidrologi yang mempelajari penyebaran dan pergerakan air dalam tanah dan batuan di kerak Bumi (umumnya dalam akuifer). Istilah hidrogeologi merupakan gabungan dua kata, “hidro”, yang berarti “air”, dan “geologi”, yang berarti “ilmu mengenai batuan”.

Istilah geohidrologi juga sering digunakan secara bertukaran. Beberapa kalangan membuat sedikit perbedaan antara seorang ahli hidrogeologi atau ahli rekayasa yang mengabdikan dirinya dalam geologi (geohidrologi), dan ahli geologi yang mengabdikan dirinya pada hidrologi (hidrogeologi).

Related

Science 5375173259565644081

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item