Mengenal Greenland, Pulau Terbesar dan Paling Luas di Dunia

Mengenal Greenland, Pulau Terbesar dan Paling Luas di Dunia

Naviri Magazine - Greenland (atau Green Land) adalah pulau paling luas di dunia, dengan ukuran 2.175.600 meter persegi. Itu berarti 15 kali lebih besar dari pulau Jawa. Pulau terbesar kedua adalah Irian dengan luas 789.946 kilometer persegi, dan terluas ketiga adalah pulau Kalimantan, dengan ukuran 751.097 kilometer persegi.

Apa yang disebut enklave dan eksklave?

Enklave—atau disebut pula daerah kantong—adalah suatu daerah atau bagian dari daerah milik asing yang seluruhnya terletak di dalam wilayah tertentu. Misalnya, negara Vatikan terletak di dalam wilayah Italia, maka Vatikan disebut enklave Italia. Kota Livia, Spanyol, seluruhnya berada di dalam wilayah Prancis, maka Livia adalah enklave Prancis.

Sedangkan eksklave adalah suatu bagian dari daerah tertentu yang berada di daerah lain. Misalnya, kota Oecussi-Ambeno milik Timor Leste berada di Nusa Tenggara Timur, Indonesia, maka Oecussi-Ambeno adalah eksklave Timor Leste.

Tetapi, Oecussi-Ambeno bukan enklave Indonesia, karena tidak semuanya berada di Nusa Tenggara Timur—ada bagiannya yang berbatasan dengan laut.

Related

World's Fact 5917868542589682661

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item