Mengenal Kerja dan Peran WHO Dalam Urusan Kesehatan Dunia

Mengenal Kerja dan Peran WHO Dalam Urusan Kesehatan Dunia

Naviri Magazine - Perserikatan Bangsa-Bangsa atau PBB memiliki badan-badan yang ada di bawahnya, dan masing-masing badan memikul tanggung jawab masing-masing di bidangnya. Salah satu yang terkenal adalah WHO (World Health Organization). Sebagaimana namanya, WO bertugas mengurusi masalah kesehatan, khususnya manusia, di dunia.

Kerja-kerja WHO adalah mensponsori langkah pengendalian epidemi dan penyakit endemik lewat kampanye massal, seperti program vaksinasi nasional, instruksi penggunaan antibiotik dan insektisida, peningkatan fasilitas laboratorium dan klinis, bantuan penyediaan pasokan air murni dan sanitasi.

Mereka memberi informasi kepada negara-negara anggota tentang perkembangan terbaru dalam penelitian kanker, pengembangan obat, pencegahan penyakit, pengendalian kecanduan obat, penggunaan vaksin, dan bahaya kesehatan dari bahan kimia dan zat lainnya.

Serangkaian kampanye WHO yang terstruktur dan sistematis ikut andil dalam melawan AIDS, malaria, TBC dan berbagai penyakit lainnya. Salah satu prestasi yang sebagian besar disebabkan oleh kegiatan WHO adalah pemberantasan cacar secara global pada Mei 1980.

WHO dipimpin oleh seorang Direktur Jenderal yang ditunjuk oleh Dewan Eksekutif dan Majelis Kesehatan Dunia. Direktur Jenderal didampingi oleh Wakil Direktur Jenderal dan beberapa asisten direktur jenderal lainnya, yang masing-masing memiliki spesialisasi dalam bidang tertentu.

Berkantor pusat di Jenewa, Swiss, tata kelola WHO beroperasi melalui Majelis Kesehatan Dunia, yang bertemu tiap tahun sebagai badan pembuat kebijakan umum, dan melalui Dewan Eksekutif spesialis kesehatan yang dipilih untuk masa jabatan tiga tahun oleh majelis.

Mejelis Kesehatan Dunia pertama bertemu di Jenewa pada musim panas 1948, dan menetapkan prioritas isu-isu kesehatan saat itu seperti malaria, tuberkulosis, penyakit kelamin, kesehatan ibu dan anak, teknik sanitasi, dan nutrisi.

Anggaran WHO pada 1948 sebesar 5 juta dolar. Belakangan, sejak 1950, Hari Kesehatan Dunia dirayakan, bertepatan dengan hari lahir WHO. Hari Kesehatan Dunia menjadi satu dari delapan kampanye kesehatan global yang dimotori WHO, seperti Hari Tuberkulosis Dunia, Pekan Imunisasi Dunia, Hari Malaria Dunia, Hari Tanpa Tembakau Dunia, Hari AIDS Sedunia, Hari Donor Darah Dunia, dan Hari Hepatitis Dunia.

Sampai 2016, WHO memiliki 194 negara anggota. Semua anggota WHO juga anggota PBB, kecuali Nieu dan Kepulauan Cook. Dalam situs resmi WHO, mereka mengklaim mempekerjakan lebih dari 7.000 orang yang ada di 150 kantor di berbagai negara maupun kantor pusat WHO.

Related

World's Fact 7081711282056722972

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item