Misteri Kapal yang Tenggelam di Dasar Laut Selama 1.000 Tahun

 Misteri Kapal yang Tenggelam di Dasar Laut Selama 1.000 Tahun

Naviri Magazine - RRC berencana akan mengangkat sebuah kapal karam berusia seribuan tahun di Laut China Selatan.

Song Jiahui, Direktur Departemen Penyelamatan di Kementerian Perhubungan, dalam konferensi pers, mengemukakan bahwa kapal tersebut akan diangkat dari lautan secara keseluruhan.

Ditambahkannya, operasi pengangkatan yang akan mereka lakukan menjadi operasi MOC terbesar. Kapal yang karam tersebut diberi nama South China Sea I yang diketahui aktif di masa Dinasti Song Utara (960-1127). Kapal ini ditemukan pada 1986, dan para penyelam sudah mengeksplorasi kapal karam tersebut sejak saat itu.

Operasi pengangkatan akan dilaksanakan oleh biro penyelamatan Kota Guangzhou. Sebuah kapal yang mampu mengangkat bobot seberat 4.000 ton akan diikutsertakan, guna mengangkat kapal tersebut.

Kendati demikian, Song tidak menjelaskan bagaimana kapal tersebut masih tetap utuh di sana setelah melewati satu milenium di bawah laut, dan dia juga tidak menyebutkan lokasi yang pasti keberadaan kapal tersebut, kedalamannya, serta berapa besarnya kapal itu.

"Naga Langit Tionghoa", penderek terbesar

Untuk memuluskan proyek pengangkatan kapal kuno South China Sea I di muara Zhu Jiang, RRC membuat mesin derek yang disebut Hua Tian Long (Naga Langit Tionghoa).

Mesin ini akan ditempatkan di kapal penarik yang dikembangkan Shanghai Zhenhua Port Machinery Co Ltd (ZPMC), sebagai pabrik pembuat mesin derek dan struktur baja. Alat ini dirancang dengan kekuatan mengangkat beban sebesar 4.000 ton, dan sudah dikirim ke Biro Penyelamatan Guangzhou.

Upaya ini menandai keberhasilan RRC yang merancang dan menghasilkan peralatan air kolosal yang dimilikinya. Kapal tongkang (tugboat) masih diperlukan sebagai alat yang membantu mengeksplorasi minyak, dan membantu upaya-upaya penyelamatan di dasar air.

Kepala Eksekutif ZPMC Guan Tongxian, kepada China Daily Shanghai & Delta, mengemukakan bahwa perusahaannya akan merancang sebuah derek yang mengapung, dengan kemampuan mengangkat bobot sebesar 7.000 ton. Ini akan menjadi yang terbesar di dunia.

Pada uji coba, kapal tongkang sepanjang 165 meter dengan lebar 48 meter ini secara perlahan berhasil mengangkat muatan seberat 4.000 ton, dan menjadi wakil dari perusahaan ZPMC, disaksikan oleh biro penyelamatan dan pemerintah setempat serta para ahli lainnya.

Menurut pihak perusahaan, kapal-kapal tradisional dengan derek yang mengapung tidak bisa berangkat jauh ke tengah lautan, sebab mereka rentan dengan cuaca ganas yang bisa menghancurkan kapal-kapal tersebut. Namun, Hua Tian Long, dengan derek yang dapat berputar, bisa tahan dari ombak besar, dan mampu melakukan berbagai tugas berat, seperti penyelamatan dan pengeksplorasian minyak.

"Secara total, kapal itu dirancang dan diproduksi oleh kaum intelektual RRC," ujar Guan.

Kapal derek ini akan digunakan guna mengangkat sebuah kapal yang karam dari masa Dinasti Song (960 hingga 1127) di laut China Selatan, sebelum dikerahkan guna membantu mengeksplorasi lahan minyak di laut lepas.

Related

World's Fact 1264041129087805275

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item