Mengenal 6 Bangunan Sejarah Paling Megah di Dunia

 Mengenal 6 Bangunan Sejarah Paling Megah di Dunia

Naviri Magazine - Salah satu hal yang kerap menandai sebuah peradaban adalah bangunan, bisa dalam bentuk istana, taman, dan lain-lain. Kerap kali, suatu bangunan menandai sejarah peradaban dari masa lampau, dan bangunan itu pun dilestarikan dari masa ke masa, hingga sekarang.

Berikut ini adalah enam bangunan bersejarah dari zaman kuno yang menjadi saksi peradaban manusia di masa lampau.

Kota Terlarang 

Nama: The Forbidden City
Dibangun: 1406-1420
Tempat: Beijing, Cina
Kategori: Istana
Luas: 720.000 meter persegi
Kerajaan: Ming, Qing

Kota Terlarang (The Forbidden City), terjemahan dari kata Zijin Cheng yang berarti "Kota Terlarang Ungu", merupakan bekas istana kerajaan Dinasti Ming dan Dinasti Qing yang dibangun pada tahun 1406-M. Kota Terlarang menjadi kediaman para Kaisar Tiongkok selama hampir 500 tahun, sebalum menjadi Museum Istana Cina.

Kota Terlarang memiliki luas 720 ribu meter persegi dengan 980 bangunan, dan 8,707 ruangan. Sungguh luar biasa istana ini, apabila dilihat dari tahun pembuatannya yang kuno.

Alhmabra (Al Hamra')

Nama: Al-Hamra'
Dibangun: 889
Tempat: Granada, Spanyol
Kategori: Benteng, Istana
Luas: 142.000 meter persegi
Kerajaan: Moor Granada (Dinasti Umayyah)

Alhambra, atau dalam bahasa arab Al-hamra', yang mempunyai arti "merah", adalah benteng dan istana tempat tinggal khalifah beserta para pembesarnya, yang dibangun pemerintahan Dinasti Umayyah di wilayah perbukitan di batas kota Granada, Spanyol. Corak arsitektur bangunan Alhambra sangat mencerminkan arsitektur bangunan Timur Tengah dengan Eropa.

Alhambra juga memiliki beberapa taman, air mancur, dan kolam yang anggun. Di belakangn Alhambra ada puncak bersalju, bernama Sierra Nevada. Alhambra terletak di atas Sabika, sebuah bukit panjang berhutan setinggi 150 meter, di atas kota Granada.

Potala Palace

Nama: Potala
Dibangun: 1645
Tempat: Lhasa, Tibet, Cina
Kategori: Istana
Luas: 400 x 350 meter
Kerajaan: Tibet

Lhasa, Tibet, adalah daerah yang berada di pegunungan Himalaya, perbatasan antara Cina dan India. Sering juga disebut dengan nama puncak dunia. Di sana terdapat bangunan menjulang raksasa bernama Potala, sebuah istana tempat pemerintahan otonomi daerah Tibet, Cina, yang dipimpin oleh Dalai Lama.

Dalai Lama adalah kepala pemerintahan Tibet, mengendalikan sebagian besar negara  ibukota Lhasa.

Palacio Nacional da Pena 

Nama: Palácio da Pena
Dibangun: 1842
Tempat: Sao Pedro de Penaferrim, Sintra, Portugal
Kategori: Kastil

Kastil ini terletak di atas puncak bukit kota Sintra, Portugal. Apabila hari cerah, bangunan kastil ini dapat terlihat dari kota Lisbon, ibukota Portugal.

Kota ini pertama kali dibangun oleh Raja Ferdinad II pada tahun 1842. Kastil ini merupakan monumen nasional, dan merupakan salah satu ekspresi utama romantisisme abad ke-19 di dunia. Kastil ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, dan salah satu dari Tujuh Keajaiban Portugal.

Mysore Palace 

Nama: Mysore Palace
Dibangun : 1524
Tempat: Mysore, Kartanaka, India
Kategori: Istana
Luas: 128,42 Km

Istana Mysore adalah kota terbesar ketiga di negara bagian Kartanaka, India, yang berfunsi sebagai ibu kota Maysore selama hampir enam abad, dari tahun 1399 sampai tahun 1947. Terletak di Chamundi Hill, 146 km ke arah barat daya ibukota negara bagian Banglore. Istana Mysore dibangun di area seluas 128,42 km.

Kerajaan Mysore diperintah oleh dinasti Wodeyar. Mysore terkenal karena istananya, termasuk Istana Mysore, dan perayaan yang berlangsung selama festival Dasara ketika kota menerima sejumlah besar wisatawan. Tempat di mana Istana Mysore sekarang berdiri, diduduki oleh sebuah desa bernama Puragere, pada awal abad ke-16.

Istana Topkapi 

Nama: Istana Topkapi
Dibangun: 1459
Tempat: Istambul, Turki
Kategori: Istana
Luas: 700.000 m2
Kerajaan: Dinasti Utsmaniah

Istana ini dibangun pada tahun 1459 M di kota Istambul, Turki. Sebelum namanya diubah oleh Sultan Muhammad Al Fatih, kota ini bernama Konstantinopel, ibukota Romawi Timur yang telah ditaklukkannya.

Bangunan ini dibangun oleh Sultan Muhammad Al Fatih untuk dijadikan istana kesultanan Dinasti Utsmaniah, setelah ibukota kesultanan dipindah ke Istambul (sebelumnya ibukota Utsmaniah berada di Edirne, sebelah barat Istambul).

Related

World's Fact 6698838816953757265

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item